PENERAPAN STRATEGI MULTIPLE INTELLEGENCES PERSPEKTIF HOWARD GARDNER PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI INDONESIA

Authors

  • Rohmatun Nurul Hidayah IAI NGAWI

DOI:

https://doi.org/10.56997/almabsut.v10i1.114

Keywords:

Strategi Multiple Intellegences, Howard Gardner, Pendidikan Anak Usia Dini

Abstract

Pembelajaran dengan Multiple Intellegences sangatlah penting untuk mengutamakan perbedaan individual pada anak didik. Implikasi teori Multiple Intellegences dalam proses pendidikan dan pembelajaran adalah bahwa pengajar perlu memperhatikan modalitas kecerdasan dengan cara menggunakan berbagai strategi dan pendekatan sehingga anak akan dapat belajar sesuai dengan gaya belajarnya masing-masing. Strategi Multiple Intellegences Prespektif Howard Gardner dan penerapannya di Indonesia antara lain adalah kecerdasan linguistik (kemampuan menguraikan pikiran dalam kalimat-kalimat, presentasi pidato, diskusi, tulisan), kecerdasan logika matematika (kemampuan logika-matematik dalam memecahkan berbagai masalah), kecerdasan fisik kinestetik (keterampilan gerak, menari, olahraga), kecerdasan visual spasial (kemampuan berpikir tiga dimensi), kecerdasan intrapersonal (kemampuan memahami dan mengendalikan diri sendiri), kecerdasan interpersonal (kemampuan memahami dan menyesuaikan diri dengan orang lain), kecerdasan musikal (kepekaan dan kemampuan berekspresi dan bunyi, nada, melodi, irama), naturalist (kemampuan memahami dan memanfaatkan lingkungan), dan kecerdasan spiritual (kemampuan melalui pendidikan agama, kontemplasi kepercayaan, dan refleksi teologis).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita Woolfolk. 2009. Educational Psychology Active Learning Edition, edisi bahasa Indonesia. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Baum, Susan, dkk. 2005. Multiple Intelligences in the Elementary Classroom. New York and London: Teacher College Press.

Martini, Jamaris. 2010. Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Jakarta: Penamas Murni.

Sujiono, Yuliani Nuraini. 2004. Mencerdaskan Perilaku Anak Usia Dini. Jakarta: Elexmedia Computindo.

Sujiono, Yuliani Nuraini. 2011. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks

Abstract View: 1478,

Published

2016-04-01

Issue

Section

Articles