PELATIHAN KECERDASAN BERJUANG UNTUK MENINGKATKAN KEYAKINAN DIRI IBU DALAM MENGASUH ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR INKLUSI
DOI:
https://doi.org/10.56997/almabsut.v10i2.145Keywords:
Kata Kunci, pelatihan kecerdasan berjuang, keyakinan diri mengasuh, ibu dengan anak berkebutuhan khusus.Abstract
Â
Â
Â
ABSTRAK
Keyakinan diri mengasuh dapat mempengaruhi kualitas pengasuhan, terlebih ibu dengan anak yang memiliki kebutuhan khusus. Namun dalam kenyataannya banyak ibu yang memiliki anak kebutuhan khusus memiliki tingkat keyakinan diri mengasuh yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan kecerdasan berjuang pada keyakinan diri mengasuh ibu dengan anak berkebutuhan khusus. Subjek dalam penelitian ini adalah 28 orang ibu yang memiliki anak di SDN “K†Bantul Yogyakarta yang dibagi dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala keyakinan diri mengasuh . Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre post control group design. Analisa kuantitatif dengan menggunakan uji Paired T-test dan Independent Sample T-test. Analisis kualitatif dilakukan berdasrkan observasi, wawancara dan lembar kerja. Hasil penelitian yaitu pratest dan pasca test keyakinan diri mengasuh menunjukkan ada perbedaan tingkat keyakinan diri mengasuh  setelah diberi pelatihan kecerdasan berjuang. Kesimpulan penelitian ini adalah pelatihan kecerdasan berjuang dapat meningkatkan keyakinan diri mengasuh ibu dengan anak berkebutuhan khusus di SDN ’’Kâ€.
Â
Â
Downloads
References
Adz – Dzakiey, M.H.B. 2009. Prophetic Intelligence. Yogyakarta : Islamika
Adz – Dzakiey, M.H.B., Budiharto S., Zulaefah E., Kurniawan NI., Riyono B. 2005. Construct Development and Empirical Test for its Role in the Perceptionof Unethical Conduct Among Indonesian Goverment Employees. Jurnal Psikologi Islami, Volume 1, Nomor 1. Yogyakarta : Penerbit Pengurus Pusat Asosiasi Psikologi Islami
Azwar, S. 2012. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Coleman, P. K. (1998). Maternal self efficacy beliefs as predictor of parenting competence and toddlers emotional, social, and cognitive development. Desertasi
Coleman, P. K., & Karrakker, K. H. (1997). Self-efficacy and Parenting Quality: Findings and Future Applications. Development Review 18, 47-85. Article no DR970448
Coleman, P. K., & Karrakker, K. H. (2000). Parenting self-efficacy among mothers of schoolage children: Conceptualization, measurement and correlates. Family Relations, 49, 13-24.
Coleman, P. K., & Karraker, K. H. (2005). Contemporary perspective on Families, Comminities and Early Childhood Education: Parenting Self Efficacy, Competence in Parenting, and Possible Links to Young Childrens Sosial and Academic Outcome
Kim, J. 2007. Mothers deprestion on parenting efficacy among economically disadvantaged Korean women: Test of a mediation model. Desertasi
Mangunsong, F. (2011). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jilid Kedua. Depok: LPSP3 UI.
Musyafik, M (2005). Peningkatan Efikasi Diri Melalui Pelatihan dan Outbond Pada Mahasiswa Tingkat Awal. Tesis tidak diterbitkan. Yogyakarta: Pascasarjana Universitas Gajah Mada
Ruhani, N.F, 2008. Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Efikasi diri Orang tua dalam Mengasuh Anak Berkebutuhan Khusus. Skripsi. Universitas Islam Indonesia
Rizvi, dkk.1997. Pusat Kendali dan Efikasi Diri Prediktor terhadap Prokrastinasi
Akademik Mahasiswa. Jurnal Psikologika. No 3. 51-66.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Based on a work at http://iaingawi.ac.id/ejournal/index.php/AlMabsut/.Â