IDENTIFIKASI GAYA KOGNITIF (COGNITIVE STYLE) PESERTA DIDIK DALAM BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.56997/almabsut.v3i1.39Keywords:
Cognitif style, Strategy, Peserta didikAbstract
Keberhasilan pendidik dalam proses pembelajaran sangat ditentukan sejauhmana ia memahami karakteristik peserta didiknya. Kemampuan pendidik dalam hal ini sangat penting yaitu bagaimaan pendidik mampu mengidentifikasi karakter-karakter masing-masing individu. Perbedaan karatakter tersebut berpengaruh besar terhadap belajar mereka sesuai dengan gaya atau cara  masing-masing yang sudah barang tentu berbeda antara anak yang satu dengan yang lainnya. Implikasinya dari karakter peserta didik yang begitu variatif mendorong pendidik menerapkan strategi, model maupun metode pembelajaran yang efektif untuk disesuaikan dengan karakter masing-masing anak didik. Dari berbagai macam karakter yang dimiliki anak didik tersebut yang tidak kalah penting yaitu gaya kognitif dalam belajar.
Gaya kognitif merupakan salah satu karakter anak didik yang sangat penting dan berpengaruh terutama terhadap pencapaian prestasi belajar mereka. Gaya kognitif berkaitan dengan bagaimana mereka belajar melalui cara-cara sendiri yang melekat dan menjadi kekhasan pada masing-masing individu. Gaya kognitif sangat erat kaitannya dengan bagaimana cara menerima dan memproses segala informasi khususnya dalam pembelajaran. Berbagai kecenderungan-kecenderungan dalam belajar mereka dapat didentifikasi dan kemudian diklasifikasi apakah anak tersebut termasuk gaya kognitif field Independent (berpikir cenderung memiliki kemandirian pandangan) ataukah filed dependent (ketergantungan pandangan.
Selama ini seperti yang nampak di lapangan praktek pendidikan tidak begitu memandang penting karateristik peserta didik. Sehingga masih sangat jarang pendidik yang memiliki kemampuan dan keterampilan mengungkap dan mengtahui berbagai karakteristik peserta didiknya dalam belajar. Yang terpenting bagaimana materi yang disampaikan kepada peserta didik dapat kuasai tanpa memperhatikan karakter masing-masing. Sehingga yang terjadi pendidik cenderung menyama ratakan karakter masing-masing anak yang begitu bervariasi yang berbeda satu dan lainnya. Hal demikian ini dapat diketahui dari strategi, model, dan metode pembelajaran yang nampak monoton yang mereka terapkan dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Altun, A., and Cakan, M., Undergraduate Student’s Academic Achievement, Field Dependent/Independent Cognitive Style and Attitude Toward Computers, 2006, www.ifets.into/journals/91/23.pdf
Anita E Woolfolk, Educational Psychology, London: Allyn and Bacon, 1993
Anne Anastasi and Susana Urbina, International Edition Seventh Edition Psychologycal Testing, New Jersey: Prentice Hall, 1997
Blue Wooldridge dan Melanie Haimas-Bartolf, The Field Dependence/Field Independence Learning Style; Implications for Adult Student Diversity, Outcomes Assessment and Acountability, New York: Nova Science Publishers, 2006
Chi-Hui Lin and Gayle V. Davidson-Shivers, Effects of Linking Structure and Cognitive Style on Students’ Performance and Attitude in A Computer-Based Hypertext Environment, Journal Educational Computing Research, Baywood Publishing Company, 1996
James W. Keefe, Learning Style Theory and Practice, Virginia: National Association of Secondary School Principals, 1987
Noel Entwistle, Style of Learning and Teaching An Integratedof Educational Psychology for Student, Teacher, and Lecturers, New York: John Wiley & Sons, 1981
Richard Riding and Stephen Rayner, Cognitive Styles and Learning Strategies Understanding Style Differences in Learning and Behaviour, London: David Fulton Publishers, 1998
Tilly Mortomore, Dyslexia and Learning Style, West Sussex: John Wiley&Sons, 2008
Witkin et.al. Field dependent and Field independent Cognitive Styles and Their Educational Implikation, New York: American Educational Research Journal, 1979
Downloads
Published
Issue
Section
License
Based on a work at http://iaingawi.ac.id/ejournal/index.php/AlMabsut/.Â












