KONSEP PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK DALAM PERSPEKTIF IBN MISKAWAIH DAN AL MAWARDI (Suatu Studi Komparatif)
DOI:
https://doi.org/10.56997/almabsut.v8i2.80الكلمات المفتاحية:
Pendidik، Peserta didik.الملخص
Pendidik dan peserta dalam pendidikan keberadaanya tidak dapat dipisahkan. Pendidik memiliki peranan yang sangat penting dalam proses belajar mengajar yang dilaksanakan bersama peserta didik. Pendidik diharapkan mampu menjadi motivator untuk memberikan dorongan belajar peserta didik sekaligus menjadi fasilitator untuk menyediakan sarana belajar yang dibutuhkan peserta didik. Kemudian peserta didik dalam proses belajar mengajar harus dituntut pula untuk terlibat aktif dan kreatif.
Pendidik dan peserta didik dalam konsep Ibn Miskawaih dan Al Mawardi memiliki beberapa persamaan dan perbedaan. Pendidik menurut mereka memiliki peran yang sangat penting dalam membelajarkan peserta didiknya. Meskipun demikian terdapat beberapa perbedaan terutama tipe pendidik dan sikap-sikap yang harus dimiliki seorang pendidik. Peserta didik menurut mereka harus menjalin hubungan yang harmonis dengan pendidiknya. Tetapi dalam hal tingkat kecintaan peserta didik terhadap pendidiknya mereka memilki pandangan yang berbeda. Â
Â
Â
التنزيلات
المراجع
Ghazal, Ihya’ Ulum al-Din Juz II, Beirut: Dar al-Fikr, t.t
Nata , Abuddin,Dr., MA, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2000
Saqa, Mustafa, Adab al-Duanya wa ad-Din, Beirut: Dar al-Fikr, 1995
Syarif, Para Filosof Islam,cet.III. Bandung:Mizan, 1996
التنزيلات


منشور
إصدار
القسم
الرخصة
Based on a work at http://iaingawi.ac.id/ejournal/index.php/AlMabsut/.Â