KAJIAN NAFS DALAM AL-QUR’AN SERTA IMPLEMENTASINYA DALAM KONSEP BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.56997/almabsut.v14i2.439الكلمات المفتاحية:
Kata kunci، nafs، psikologi، pendidikan Islamالملخص
Abstrak
Al-Qur’an akan terus menjadi pedoman terbaik dalam kehidupan manusia. Bukti-bukti akan arahan yang terbaik itu akan terus mengalami kajian-kajian agar penerapannya menjadi lebih baik bagi manusia. Manusia sebagai makhluk ciptaan Allah SWT tentu terdapat sisi yang membedakan dengan makhluk lainnya.Nafs sebagai bagian dari fitrah penciptaan manusia sudah pasti juga terdapat dalam al-Qur’an. Penyerapan makna yang terkandung dalam fitrah tersebut menimbulkan berbagai pengertian nafs dalam al-Qur’an, dan membuat kajian tentang nafs menjadi sangat menarik untuk diperdalam. Apalagi ketika dihadapkan dengan bidang kajian psikologi pendidikan Islam sertaimplementasinyadalam konsep keilmuan Bimbingan dan Konseling. Dengan demikian, konsep-konsep nafs sangat terkait dengan beberapa pendekatan Bimbingan dan Konseling terutama pada pembahasan teori kepribadian yaitu, psikoterapi yang terkait dengan insting manusia yaitu peran dari id, ego dan superego. Frankl mempunyai konsep yang dinamainya dengan kebermaknaan hidup, yang kemudian bermakna bahwa hidup memang hanya untuk satu tujuan yaitu bermuara pada satu Dzat yang Maha Sempurna yaitu Allah. Sehingga akan muncul suatu pelaksanaan Konseling yang kaya akan pendekatan psikologi yang sangat identik dengan nilai-nilai ke-Islaman.
Kata kunci; nafs; psikologi; pendidikan Islam
التنزيلات
المراجع
DAFTAR PUSTAKA
Amin, Samsul Munir. (2010). Bimbingan dan Konseling Islam. Jakarta; Amzah
Baihaqi. MIF. (2008). Psikologi Pertumbuhan Kepribadian Sehat untuk Mengembangkan Optimisme. Bandung; PT. Remaja Rosdakarya
Boeree, Dr. C. George. (2010). Personality Theories Melacak Kepribadian Anda Bersama Psikolog Dunia, terj.,Cet. IV. Jakarta; Ar-Ruzz Media
Corey, Gerald. (2013). Teori dan Praktik Konseling dan Psikoterap terj.cet. VII Hlm. 14. Bandung; Refika Aditama
E Nathan, Peter., (2014) The Oxford Handbook of Work Engagement, Motivation and Self Determination Theory, Edited by Marylene Gagne, New York: Oxford University Press.
Ghafur, Dr. Waryono., Abdul. (2005). Tafsir Sosial Mendialogkan Teks dengan Konteks. Yogyakarta; eLSAQ Press
H.Baharuddin., (2007) Psikologi Pendidikan Refleksi Teoritis Terhadap Fenomena, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Jahja,Yudrik., (2011).,Psikologi Perkembangan, Jakarta: Kencana,
Muhammad Taufiq, Tanslate QS Ar-Rum ayat 30 , Qur’an in Word ver.1.3 Indonesian version.
------------------------, Tanslate QS Al-Qiyaamah ayat 20, Qur’an in Word ver.1.3 Indonesian version.
Munib, Abdul. (2008). Konsep Nafs dalam Al-Qur’an. Jurnal 338 Ilmu Dakwah. 16(01)
Musnamar, Thohari. (1992). Dasar-dasar konseptual Bimbingan dan Konseling Islami. Yogyakarta, UII Press
Najati, Muhammad Ustman. (2006). Ilmu Jiwa dalam Al-Qur’an. Jakarta; Pustaka Azzam
Shihab,. M.Quraish. (1996). Wawasan Al-Qur’an: Tafsir Maudhu’i atas Pelbagai PersoalanUmat. Bandung; Mizan
Sutoyo, Anwar. (2009). Bimbingan dan Konseling Islami Teori dan Praktik, Edisi revisi, cet III. Semarang; Widya Karya
Yusuf, Syamsu. & Nurihsan, A.J. (2010). Landasan Bimbingan dan Konselingcet.Vhlm.71. Bandung; PT. Remaja Rosdakarya
التنزيلات


منشور
النسخ
- 2021-09-16 (2)
- 2020-10-11 (1)
إصدار
القسم
الرخصة
الحقوق الفكرية (c) 2020 Nabella Dananier

هذا العمل مرخص بموجب Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://iaingawi.ac.id/ejournal/index.php/AlMabsut/.Â