KETERAMPILAN PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA AUTIS UNTUK MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL (EQ)
DOI:
https://doi.org/10.56997/earlystage.v3i1.2054Kata Kunci:
Pendidikan Agama Islam, Autis, Kecerdasan Emosional, KeterampilanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang keterampilan dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam untuk mengembangkan kecerdasan emosional anak autis dan mendeskripsikan indikator-indikator ketercapaian nilai kecerdasan emosional yang ada dalam kegiatan pembelajaran dengan keterampilan pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SLB Mitra Ananda. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Analisis data yang digunakan ada tiga jalur kegiatan yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan menarik kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan di SLB Mitra Ananda Karanganyar. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa Autism Spectrum Disorder (ASD) dan informan adalah guru pendidikan agama islam, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan kepala sekolah. Hasil analisis data yang diperoleh memberikan kesimpulan bahwa kegiatan pembelajaran dengan keterampilan pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam untuk mengembangkan kecerdasan emosional anak ASD dilaksanakan dengan berbagai kegiatan seperti keterampilan karya seni Islami kolase dan kaligrafi, keterampilan ibadah dalam hal ini kegiatan wudhu, sholat, dan berdoa bersama, serta kegiatan keterampilan visual. Indikator dalam ketercapaian kecerdasan emosional bagi peserta didik autis adalah self regulation (pengaturan diri), self awareness (kesadaran diri), self motivation (motivasi diri), emphaty, dan social skill (keterampilan sosial). Hasil penelitian ini menunjukkan pentingnya memberikan penguatan langkah-langkah strategis dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam untuk mengembangkan kecerdasan emosional siswa ASD melalui kegiatan keterampilan
##submission.downloads##


Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Early Stage

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.