MENUMBUHKAN RASA KASIH SAYANG DALAM MENANGANI ANAK BERMASALAH

Luluk Muasomah

Sari


Ada beberapa perilaku siswa yang dianggap bermasalah, sebagian mereka yang suka mencuri, suka mengumpat, tidak mandi berhari-hari, berbohong, dan menganggu siswa-siswi yunior. Mencuri di sekolah pada umumnya sebuah tindakan komunal yang dilakukan bersama-sama. Dan ini berindikasi bahwa pencurian dilakukan untuk mencoba-coba, dan menunjukan sikap keberanian, dan kepemimpinan sebagai faktor penyebab pencurian ini.

Jika ada kebiasaan anak suka mencuri di sekolah bisanya dilakukan secara komunal, bersama-sama. Pencurian komunal mengindikasikan bahwa mencuri dilakukan lantaran untuk mencoba-coba, menunjukkan keberanian, dan kepemimpinan. Di Summerhill jarang terjadi pencurian yang dilakukan seorang diri. Anak yang sebelumnya suka mencuri kelak ketika umur mereka tiga belas tahun akan berhenti mencuri. Dengan demikian kebebasan dan kasih sayang, telah melahirkan kebahagian. Dan hanya itulah yang dibutuhkan untuk membentuk generasi muda yang sehat secara mental dan jasmani. Hanya kebebasan dan kasih sayang yang dibutuhkan setiap anak, baik anak-anak normal maupun anak-anak yang bermasalah.

Sikap dan tabiat seorang anak sangat ditentukan oleh sikap dan tabiat orang tua. Anak yang terbiasa melihat orang tua berbohong maka suatu keniscayaan jika anak tumbuh sebagai seorang pembohong. Anak yang tumbuh dalam keluarga yang normal maka menjadi sebuah keniscayaan pula jika mereka tumbuh secara normal. Hukuman-bagi anak-anak nakal ditentukan oleh anggota komunitas Summerhill dalam Rapat Umum. Pernah pada sebuah Rapat Umum ada anak yang dilaporkan karena menjual berbagai pakaian. Hal itu dilarang di Summerhill dengan alasan tidak adil terhadap orang tua yang telah membelikan pakaian itu dan juga tidak adil bagi sekolah karena ketika mereka pulang orang tua mereka akn menyalahjkan sekolah. Anak tersebut dihukum tidak boleh naik lantai atas selama dua hari dan harus tidur pada pukul 20.00, anak itu menerima hukuman tanpa protes. Pada dasrnya anak-anak tidak akan merasa tertekan dan dendam terhadap hukuman yang mereka tentukan sendiri. Anak-anak akan merasa tertekan ketika hukuman adalah menjadi otoritas orang dewasa. Di Summerhill semua anggota komunitas mempunyai hak yang sama sehingga anak-anak tidak akan merasa dendam dengan hukuman yang mereka terima.

 

 


 


Kata Kunci


Kasih Sayang dan Anak Nakal

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul Hafidh, Muhammad Ibnu Suwaid, Cara Nabi Mendidik Anak, terj. Hamim Thohari, Jakarta: Al-I'tishom Cahaya Umat, 2008.

Amelia Hill, “education correspondent droit de réponse" de Zoé Neill - Sunday October 31, 2004. http://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=http://ecolesdifferentes.free.fr/NEILLEXCISED.htm&sa=X&oi=translate&resnum=57&ct=result&prev=/search%3Fq%3DA.S.%2BNeill%2BSummerhill%2B%2522A.S.%2BNeill%2522%26num%3D100%26hl%3Did%26lr%3D%26sa%3DG%26as_qdr%3Dall.

Catherine Ahern. A response to Summerhill School: A New View of Childhood by AS Neill. http://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=http://academic.evergreen.edu/a/ahecat22/F07rsummerhill.html&sa=X&oi=translate&resnum=78&ct=result&prev=/search%3Fq%3DA.S.%2BNeill%2BSummerhill%2B%2522A.S.%2BNeill%2522%26num%3D100%26hl%3Did%26lr%3D%26sa%3DG%26as_qdr%3Dall.

Elisabeth Von Thadden dan Hella Kemper. Die Zeit, No. 10, 1 Maret 2007, hlm. 77-78, diterjemahkan oleh Sindhunata dalam BASIS, No. 07-08, tahun ke-56, Juli-Agustus 2007.

Endang Purwanti dan Nur Widodo, Perkembangan Peserta Didik, (alang: UMM Press, 2002.

Erwati Aziz. Prinsip-prinsip Pendidikan Islam. Surakarta: Tiga Serangkai. 2003.

GeorgeAllen and Unwin. Homer Lane:An account of the Little Commonwealth at Evershot, Dorset. http://www.cyc-net.org/features/ft-homerlane.html

Hasan Langgulung. Asas-asas Pendidikan Islam, Jakarta: Pustaka al-Husna, 1992.

Neill A.S. When You Listen to the Winds of Childhood, How Much Can You Believe?. J-Stor. Curriculum Inquiry, Vol. 22, No. 3, (Autumn, 1992), pp.235-256. http://www.jstor.org/stable/1179839.

Neill. A.S. Summery. HYPERLINK "http://209.85.171.104/translate_c?hl=id&sl=en,

Neill. Summerhill School, terj. Agung Prihantoro, Jakarta: Serambi.2007.

Neill.A.S. (1883-1973) - Early Life and Career. "http://209.85.171.104/translate_c?hl=id&sl=en,

Nurhan, Kenedi. Model Pendidikan Alternatif. Dalam Homeschooling Rumah Kelasku, Dunia Sekolahku.Jakarta: Kompas 2007

Palmer Joy A. Fifty Modern Thinkers on Education.Yogyakarta : IRCiSoD.2001.

Paulus Hadisuprapto. Delinkuensi Anak Pemahaman Dan Penanggulangannya. Malang: Bayumedia Publishing, 2008.

Pormadi Simbolon.SS. HOMESCHOOLING: SEBUAH PENDIDIKAN ALTERNATIF.http://pormadi.wordpress.com/2007/11/12/homeschooling/..

Sudirman Ali. Republika. 5 Agustus 2003

Sutrisno.Fazlurrahman Kajian terhadap Metode, Epistemilogi, dan Sistem Pendidikan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.2006.

The New School’s Place in the Free School Tradition. http://members.tripod.com/tns_theory/FreeSchoolHistory/as_neill.htm


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




##submission.license.cc.by4.footer##

     

_________________

Jl. Ir. Soekarno No. 99 Ring Road Barat Ngawi
www.iaingawi.ac.id
E-Mail: jurnalalmabsut@gmail.com

Map Coordinate: Lat -7.4222441, Long 111.4222954,795