RANCANG BANGUN PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK DALAM PERSPEKTIF ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.56997/almabsut.v8i2.82Keywords:
Pendidik, Peserta Didik, IslamAbstract
Pendidikan, dalam Islam, dapat diartikan sebagai proses penyiapan Mengingat tanggung jawab seorang pendidik dalam Islam adalah sebagai “warasat al-anbiyaâ€, yang pada hakikatnya mengemban misi rahmatan lil al-alamin, yakni suatu misi yang mengajak manusia untuk tunduk dan patuh pada hukum-hukum Allah, guna memperoleh keselamatan dunia akhirat maka interaksinya dengan peserta didik harus diselenggarakan sesuai dengan yang diajarkan oleh Islam, agar hasil dari interaksi keduanya benar-benar sempurna. Penyelenggaraan interaksi tersebut, seperti yang disampaikan oleh Hasan al-Banna, seharusnya bagaikan orang tua dan anak yang memiliki kedekatan secara emosional. Selain itu, interaksi pendidik dan peserta didik adalah bersifat kemitraan yang didasarkan pada nilai –nilai demokratis, keterbukaan, kemanusiaan dan saling pengertian maka dalam hubungan tersebut, Islam mengajarkan, pendidik dan peserta didik untuk sama-sama saling memahami dan menghargai hakikat dan peran masing-masing agar interaksi keduanya benar-benar menghasilkan generasi-generasi Islami yang mampu dan siap menjalankan perannya baik sebagai abdulloh maupun sebagai kholifah di muka bumi ini.
Â
Â
Downloads
References
al-Nahlãwiy, ‘Abd. Al-Rahman, Ushũl al-Tarbiyah al-Islãmiyyah wa Asãlibuhã fî al-Bait wa al-Madrasah wa al-Mujtama’ ( Damaskus : Dãr al-Fikr, 1979)
al-Nawawi, Al-Imam Muhyi al-din Yahya Bin Syarf, KItab al-Ilm wa Adab al-Alim wa al-Muta’allim, (Beirut: Dar al_Khair, 1413H/1993 M)
Ashraf, Ali, Harison Baru Pendidikan Islam, terj. Sori Siregar, ( Jakarta : Pustaka Firdaus, 1989)
Aziez, Furqanul, Pengajaran bahasa komunikatif teori dan praktek (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1996)
Bafadal, Ibrahim, Peningkatan profesionalisme Pendidik sekolah dasar (Jakarta: Bumi Aksara, 2003), 88
Basuki & Miftahul Ulum, Pengantar Ilmu Pendidikan Islam, (Ponorogo, STAIN PO Press, 2007)
Darajat, Zakiah, Metodologi Pengajaran Agama Islam (Jakarta: Bumi Aksara, 1996)
Djamarah, Syaiful Bahri, Pendidik dan anak didik dalam interaksi educatif (Jakarta: Rineka cipta, 1997)
Hamdani Ihsan&Fuad Ihsan, Filsafat Pendidikan Islam, (Bandung: Pustaka Setia, 1998)
Http://myscoolnet.ppk.kpm.my/pNp/pm/nota-Pendidik.htm
Langgulung, Hasan, Beberapa Pemikiran Tentang Pendidikan Islam (Bandung: Al-M’arif, 1998)
Muhaimin, Pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005)
Mulyadi, Seto, dalam " Guru harus bisa menyenangkan murid" Harian Haluan, ( Padang)
Nata, Abudin, Filsafat Pendidikan Islam (Jakarta: Logos Wacana Ilmu,1997)
Nata, Abudin, Perspektif Islam Tentang Pola Hubungan Pendidik Murid (Jakarta: Raja Grafindo Perkasa, 2001)
Nawawi, Hadari, Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas (Jakarta: Haji Masagung, 1989)
Nizar, Samsul, Seabad Buya Hamka, Memperbincangkan Dinamika Inteletual dan Pemikiran HAMKA tentang Pendidikan Islam, ( Jakarta : Prenada Media Group, 2008)
Parwadarminto, Kamus Umum Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 1991)
Rusn, Abidin Ibnu, Pemikiran Alghazali Tentang Pendidikan (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998)
Slameto, Belajar dan factor-faktor yang mempengaruhinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 1994)
Syafi’I, Imam, Konsep Pendidik menurut Al Ghazali Pendekatan filosofis pedagogis (Yogyakarta: Duta Pustaka, 1992)
Umar, Bukhari, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Amzah, 2010)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Based on a work at http://iaingawi.ac.id/ejournal/index.php/AlMabsut/.Â