MEMBANGUN KARAKTER MELALUI THE HIDDEN CURRICULUM

Anik Faridah

Sari


Abstraksi

Setiap hari banyak sekali ditemukan kasus kenakalan dan penyimpangan perilaku siswa di Indonesia. Baik yang ada disekitar kita ataupun  melalui siaran berita di televisi, media cetak atau informasi di internet, mulai kasus asusila, perkelahian antar siswa, tawuran dan penyimpangan-penyimpangan lainnya yang meresahkan orang tua dan masyarakat. Siapakah dalam hal ini yang bersalah? Apakah sistem pembelajaran, ataukah ini kesalahan guru? Sehingga siswa tidak mampu mengendalikan ego dan emosinya yang terkadang meluap-luap.

Semua pihak sudah seharusnya melakukan evaluasi dalam menangani permasalahan yang muncul, melalui penyediaan sarana yang tepat diharapkan mampu tercipta suasana lingkungan pendidikan yang tertib, bertanggung jawab, saling menghargai dengan penuh kasih sayang, siwa yang berbudi pekerti, dan mencerminkan sikap-sikap intelektual. Sehingga dapat tercipta mutu pendidikan yang berkwalitas.

Pembentukan karakter dalam pendidikan formal tidak dapat terlepas dari keterlibatan kepala sekolah, guru, dan orangtua siswa yang memiliki andil sangat besar dalam menentukan keberhasilannya. Selain itu yang tak kalah pentingnya, terdapat beberapa unsur yang tersembunyi selain unsur kurikulum formal sekolah. The Hidden Curriculum adalah  salah satu upaya yang sering terabaikan dalam pembentukan karakter. Seperti, pengelolaan kegiatan belajar mengajar, kegiatan ekstrakurikuler, penciptaan suasana belajar dan lingkungan sekolah berkarakter, pembiasaan, dan pembudayaan nilai dan etika yang baik dapat mendukung keberhasilan program pendidikan karakter.


Kata Kunci


Kenakalan, Hidden Curriculum, Pendidikan karakter,

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asrohah, Hanun. Makalah Hidden Curriculum. Surabaya:t.p, 2012.

Boang, Aisyah. Ed. Supiana. Mozaik Pemikiran Islam: Bunga Serampai Pemikiran Pendidikan Indonesia. Jakarta: Ditjen Dikti, 5.

Dewey, John. Ed. Sukmadinata. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2001.

Fitri, Agus Zaenul. Reinventing Human Character: Pendidikan Karakter Berbasis Nilai & Etika di Sekolah, Jogjakarta: Ar Ruzz media, 2012.

M. Noor, Rohinah. The Hidden Currikulum: Membangun Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Yogyakarta: Insan Madani, 2012.

Rahayu, Sri. Hidden Kurikulum: Kurikulum Tersembunyi. http://Srirahayustkip.blogspot.co.id , akses tanggal 4 Juni 2015.

Tobroni. Pendidikan Karakter dalam prespektif Islam. http://tobroni.staff.umm.ac.id. Akses 24 Nopember 2010.

Vallance, Elizabeth. “Hiding the Hidden Curriculum: An Interpretation of the Language of Justification in Nineteenth-Century Educational Reform.” The Hidden Curriculum and Moral Education. Ed. Giroux, Henry and David Purpel. Berkeley, California: McCutchan Publishing Corporation.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




##submission.license.cc.by4.footer##

     

_________________

Jl. Ir. Soekarno No. 99 Ring Road Barat Ngawi
www.iaingawi.ac.id
E-Mail: jurnalalmabsut@gmail.com

Map Coordinate: Lat -7.4222441, Long 111.4222954,795