PENDEKATAN EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN IPA SD

Authors

  • Aldarmono Aldarmono STAI NGAWI

DOI:

https://doi.org/10.56997/almabsut.v9i2.73

Keywords:

Edutainment, IPA, Keterampilan Proses

Abstract

Pendekatan edutainment pada hakikatnya pembelajaran mengutamakan permainan yang menghibur dalam pembelajaran. Sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan.Ilmu Pengetahuan Alam merupakan pengetahuan yang berakumulasi dan tersusun mengenai alam dan gejalanya. Pada hakikatnya IPA sebagai produk, IPA sebagai proses, dan IPA sebagai sikap ilmiah, ketiga-tiganya harus diwujudkan dalam pembelajaran. Dalam pendekatan edutainment IPA SD pada dasarnya upaya mewujudkan suatu pembelajaran menyenangkan yang berorientasi pada siswa dalam mencari dan menemukan konsep, prinsip, dan fakta IPA. Pembelajara IPA melibatkan keterampilan proses, yakni metode ilmiah dalam menemukan sebuah pengetahuan. Adapun metode ilmiah IPA antara lain menggunakan langkah sebagai berikut; mendefinfisikan masalah, mengumpulkan informasi yang sesuai, menyusun hipotesis, menguji hipotesis, merekam dan menganalisa data, dan menarik kesimpulan.

 


Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Aldarmono Aldarmono, STAI NGAWI

STAI NGAWI

References

BNSP, Standar Isi Mata Pelajaran IPA SD, Jakarta, 2006.

Carin, Arthur A., dan Sund, Robert B., Teaching Science Through Discovery Columbus, Ohio: Merrill Publishing Company, 1989.

Gagne, Robert J., dan Briggs, Leslie J., Principles of Instructional Design, New York: Holt Rinehart and Winston, 1979.

Miarso, Yusufhadi, Menyemai benih Teknologi pendidikan, Jakarta: Kencana, 2004.

Mulyasa, E., Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010

Hendro Darmodjo & Jenny R.E. Kaligis Pendidikan IPA II. Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan, 1993

Iskandar, Srini M. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta Departemen Pendidikan dan Kebudayaan direktorat Jendral Perguruan Tinggi, 2004

Samatowo, Usman, Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar, DEPDIKNAS, 2006.

Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008.

Smith, Patricia L., dan Ragan, Tillman J., Intructional Design, New York: Macmillan Publising Company, 1993

Abstract View: 1616,

Published

2015-09-01

Issue

Section

Articles