MENCARI EVIDENSI PROFESIONALISME GURU DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Epistemologis Terhadap Problematika Keguruan)
DOI:
https://doi.org/10.56997/almabsut.v3i1.35Keywords:
Problematika Keguruan, ProfesionalAbstract
Epistemologi adalah cabang filsafat yang membicarakan mengenai hakikat ilmu, dan ilmu sebagai proses adalah usaha pemikiran yang sistematik dan metodik untuk menemukan prinsip kebenaran yang terdapat pada suatu obyek kajian ilmu yang tinjauannya meliputi : sumber-sumber ilmu, cara memperoleh ilmu, ruang lingkup ilmu dan validitas pengetahuan. Guru yang profesional adalah guru memiliki dua kategori, yaitu capability dan loyality, artinya guru itu harus memiliki kemampuan dalam bidang ilmu yang diajarkannya, memiliki kemampuan teoritik tentang mengajar yang baik, dari mulai perencanaan, implementasi sampai evaluasi dan memiliki loyalitas keguruan, yakni loyal kepada tugas-tugas keguruan yang tidak semata-mata di dalam kelas, tapi sebelum dan sesudah di kelas. Problematika profesionalisme guru disebabkan oleh kurangnya kesadaran guru akan jabatan dan tugas yang diembannya serta tanggung jawab keguruannya secara vertikal maupun horizontal dan munculnya sikap malas dan tidak disiplin waktu dalam bekerja yang mengarah pada lemahnya etos kerja.
Downloads
References
Ali, Muhammad, Pengembangan Kurikulum di Sekolah, Bandung : Sinar Baru, 1992
Asy’ari, Musa, Filsafat Islam (Sunnah Nabi dalam berfikir), Yogyakarta : LEFSI, 2001
Buchori, Mochtar, Ilmu Pendidikan dan Praktek Pendidikan dalam Renungan,Jakarta : IKIP Muhammadiyah Perss, 1994
Ghafur, Abd., Desain Instruksional , Solo : Tiga Serangkai, 1998
Hadi, P. Hardono, Epistemologi, Filsafat Pengetahuan, Yogyakarta : Kanisius, 1994
Prasetya, Filsafat Pendidikan, Bandung : Pustaka Setia, 2002
Hamalik, Oemar, Sistem dan Prosedur Pengembangan Kurikulum Lembaga Pendidikan dan Pelatihan, Bandung : Trigenda Karya, 1991
Muhaimin, Paradirgma Pendidikan Islam : Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2002
Nata, Abudin, Paradigma Pendidikan Islam : Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta : PT Gramedia, 2001
Rosyada, Dede, Paradigma Pendidikan Demoratis, Jakarta : Kencana, 2004
S. Suriasumantri, Jujun, Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer, Jakarta : Pustaka Sinar Harapan, 1996.
Sagala, Syaiful, Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung : Alfabeta, 2000
Tafsir, Ahmad, Filsafat Ilmu Akal dan Hati Sejak Thales sampai Capra, Bandung : Rosda Karya, 2001
Titus, Harold H., Persoalan-persoalan Filsafat, (penerjemah M. Rasyidi), Jakarta : Bulan Bintang, 1984
Zainuddin, Filsafat Ilmu Perspektif Pemikiran Islam, Yogyakarta : Naila Pustaka, 2011
Downloads
Published
Issue
Section
License
Based on a work at http://iaingawi.ac.id/ejournal/index.php/AlMabsut/.Â