MENCARI EVIDENSI PROFESIONALISME GURU DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Epistemologis Terhadap Problematika Keguruan)

Authors

  • Hariadi Hariadi STAI NGAWI

DOI:

https://doi.org/10.56997/almabsut.v3i1.35

Keywords:

Problematika Keguruan, Profesional

Abstract

Epistemologi adalah cabang filsafat yang membicarakan mengenai hakikat ilmu, dan ilmu sebagai proses adalah usaha pemikiran yang sistematik dan metodik untuk menemukan prinsip kebenaran yang terdapat pada suatu obyek kajian ilmu yang tinjauannya meliputi : sumber-sumber ilmu, cara memperoleh ilmu, ruang lingkup ilmu dan validitas pengetahuan. Guru yang profesional adalah guru memiliki dua kategori, yaitu capability dan loyality, artinya guru itu harus memiliki kemampuan dalam bidang ilmu yang diajarkannya, memiliki kemampuan teoritik tentang mengajar yang baik, dari mulai perencanaan, implementasi sampai evaluasi dan memiliki loyalitas keguruan, yakni loyal kepada tugas-tugas keguruan yang tidak semata-mata di dalam kelas, tapi sebelum dan sesudah di kelas. Problematika profesionalisme guru disebabkan oleh kurangnya kesadaran guru akan jabatan dan tugas yang diembannya serta tanggung jawab keguruannya secara vertikal maupun horizontal dan munculnya sikap malas dan tidak disiplin waktu dalam bekerja yang mengarah pada lemahnya etos kerja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Muhammad, Pengembangan Kurikulum di Sekolah, Bandung : Sinar Baru, 1992

Asy’ari, Musa, Filsafat Islam (Sunnah Nabi dalam berfikir), Yogyakarta : LEFSI, 2001

Buchori, Mochtar, Ilmu Pendidikan dan Praktek Pendidikan dalam Renungan,Jakarta : IKIP Muhammadiyah Perss, 1994

Ghafur, Abd., Desain Instruksional , Solo : Tiga Serangkai, 1998

Hadi, P. Hardono, Epistemologi, Filsafat Pengetahuan, Yogyakarta : Kanisius, 1994

Prasetya, Filsafat Pendidikan, Bandung : Pustaka Setia, 2002

Hamalik, Oemar, Sistem dan Prosedur Pengembangan Kurikulum Lembaga Pendidikan dan Pelatihan, Bandung : Trigenda Karya, 1991

Muhaimin, Paradirgma Pendidikan Islam : Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2002

Nata, Abudin, Paradigma Pendidikan Islam : Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta : PT Gramedia, 2001

Rosyada, Dede, Paradigma Pendidikan Demoratis, Jakarta : Kencana, 2004

S. Suriasumantri, Jujun, Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer, Jakarta : Pustaka Sinar Harapan, 1996.

Sagala, Syaiful, Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung : Alfabeta, 2000

Tafsir, Ahmad, Filsafat Ilmu Akal dan Hati Sejak Thales sampai Capra, Bandung : Rosda Karya, 2001

Titus, Harold H., Persoalan-persoalan Filsafat, (penerjemah M. Rasyidi), Jakarta : Bulan Bintang, 1984

Zainuddin, Filsafat Ilmu Perspektif Pemikiran Islam, Yogyakarta : Naila Pustaka, 2011

Downloads

Abstract View: 445,

Published

2012-09-01