MEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS IKLIM SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.56997/almabsut.v10i1.108Keywords:
Pendidikan Karakter, Iklim SekolahAbstract
Pendidikan diharapkan dapat menghantarakan peserta didik mencapai kedewasaan pada semua aspek secara menyeluruh. Pendidikan mengembangkan semua aspek peserta didik baik aspek kognitif, afektif dan psikomotoriknya. Namun pada realitanya pendidikan sekolah belum mampu diwujudkan harapan tersebut. Terbukti pendidikan sekolah lebih memprioritaskan kemampuan kognitif dibandingan kemampuan lainnya. Sehingga yang terjadi banyak siswa mencapai prestasi tinggi tetapi tidak sejalan dengan tingkah lakunya. Banyak siswa yang pandai dan pintar namun akhlak dan moralitasnya buruk. Oleh karena itu sangat penting pendidikan karakter diberikan kepada peserta didik di sekolah.Dalam beberapa tahaun terakhir pendidikan karakter diterapkan di sekolah. Pelaksanaan pendidikan karakter disajikan secara terintegrasi dengan mata pelajaran di sekolah. Keberhasilan implementasi pendidikan karakter dalam upaya membentuk peserta didik yang berkepribadian, tidak cukup sebatas melalui kegiatan pembelajaran. Namun juga penting sekali dibutuhkan lingkungan yang menunjang. Menciptakan iklim sekolah yang kondusif, maka diharapkan mendukung dalam mewujudkan keberhasilan pendidikan karakter di sekolah.
Downloads
References
Arifin, Ilmu Pendidikan Islam (Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisiplinier), Jakarta: Bumi Aksara, 2008
Khan, Yahya Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri, Yogyakarta: Pelangi Publishing, 2010
Kusuma, Dharma Pendidikan Karakter Kajian Teori Dan Praktik Di Sekolah, Bandung: PT Remaja Rosdakarya,2011
Lickona, Thomas. Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books. 2004
Majid, Abdul dan Handayani, Dian Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011
Maunah, Binti Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: Teras, 2009 Muslich, Masnur. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Rahmaniyah, Istighfatur, Pendidikan Etika, Malang: UIN Maliki Press, 2010
Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005
UU RI Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen serta UU RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas
Zubaedi. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.
Samani, Muchlas dan Hariyanto. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2012.
Owens, R.G. Organizational Behavior in Education (5thed.). Boston: Allyn and Bacon, 1995
Downloads
Published
Issue
Section
License
Based on a work at http://iaingawi.ac.id/ejournal/index.php/AlMabsut/.Â












