STUDI ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP ISU-ISU KONTEMPORER (MULTIKULTURALISME) DALAM PERKULIAHAN ILMU PENDIDIKAN ISLAM DI IAIN CURUP
DOI:
https://doi.org/10.56997/almabsut.v16i2.690Abstrak
Abstrak
Multikulturalisme merupakan sikap yang harus dimiliki oleh setiap individu yang hidup di muka bumi ini. Salah satu upaya untuk menanamkan multikulturalisme yaitu melalui jalur pendidikan yang telah terimplementasi di lembaga sekolah dan perguruan tinggi. Tantangan yang dihadapi yaitu tidak semua pelaku pendidikan yaitu pendidik dan peserta didik memiliki pemahaman yang sama mengenai pendidikan multikultural tersebut. Oleh karena itu, mahasiswa fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan khususnya mahasiswa Pendidikan Agama Islam pada mata kuliah Ilmu Pendidikan Islam perlu memahami pendidikan multikultural dan penerapannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, di mana peneliti mengungkap persepsi mahasiswa IAIN Curup terhadap isu-isu kontemporer yang berfokus pada pendidikan multikulturalisme dalam pembelajaran. Seluruh data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara untuk memperoleh hasil yang sesuai dengan tujuan penelitian ini. Dari hasil penelitian diperoleh informasi bahwa sebagian besar mahasiswa Pendidikan Agama Islam pada mata pelajaran Ilmu Pendidikan Islam secara individual memiliki persepsi sangat baik terhadap implementasi pendidikan multikultural. Faktor-faktor pendorong persepsi mahasiswa terhadap kesadaran multikulturalisme diantaranya memperkuat kesamaan dalam perbedaan, adanya rasa saling percaya dan mengerti, dan juga toleransi. Selanjutnya, bagi pendidik perlu adanya peningkatan dalam pembelajaran dan bimbingan yang menunjang aktivitas multikultural mahasiswa.
Kata kunci: Multikulturalisme, Ilmu Pendidikan Islam, Persepsi Mahasiswa
Unduhan

##submission.downloads##


Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://iaingawi.ac.id/ejournal/index.php/AlMabsut/.