MULTILINGUAL DAN PERKEMBANGANNYA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN

Penulis

  • Arif Ma'mun Rifa'i Institut Agama Islam Ngawi

DOI:

https://doi.org/10.56997/almabsut.v14i2.444

Kata Kunci:

kata kunci, multilingual, perkembangan multilingual, pendidikan.

Abstrak

Abstrak
Di era globalisasi, dimana beberapa bahasa asing berkembang melintasi batas
negara dan budaya, bahasa Inggris adalah salah satu bahasa asing yang memiliki status bahasa internasional, global, dipelajari dan diucapkan oleh jutaan orang di seluruh dunia serta melintasi bahasa dan budaya. sehingga ada kebutuhan kritik yang tidak dapat dihindari untuk sebuah prespektive, prinsip-prinsip dan praktek yang baru dalam pengajaran bahasa English ke arah masyarakat multi-bahasa (multilingual) dan multi-budaya (multicultural). multilingual adalah masalah yang komplek karena berhubungan dengan penggunaan ketepatan bahasa serta berhubungan dengan individu dan masyarakat. keberagaman bahasa dan budaya membuat pendidikan harus berubah dan selalu segar dalam menghadapi perubahan bahasa dan budaya. hal ini, membutuhkan cara yang intensif sebagai koordinasi untuk melayani kebutuhan guru dan pesera didik dalam kontek multi-bahasa dan multi-budaya yang dinamis dimana bahasa asing digunakan sebagai bahasa international.
kata kunci: multilingual, perkembangan multilingual, pendidikan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

hoff ( 2005) language developent , belmont,CA: wodswooth Learning

Purwo, Bambang Kaswanti (2000). Bangkitnya Kebhinekaan Dunia Linguistik dan Pendidikan (orasi ilmiah pengukuhan profesor). Jakarta

https://brainly .co.id diakses 11 agustus 2020

http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/petunjuk_praktis/627/Sekilas%20Tentang%20Sejarah% 20 Bahasa %20 Indonesia diakses.10-08-2020

http://unesdoc.unesco.org.general nonference resolution 30 C/12. diakses 15 Agustus 2020

http://kamus.cektkp.com/multilingual/, diakses pada 10 Oktober 2015.

Maley. Alan (2012) Principles and Practices for Teaching English as an International Language New York, Routledge.

Retorika: Jurnal Ilmu Bahasa, Vol. 1, No. 1 April 2015, 94-107 Available Online at http://ejournal. warmadewa.ac.id/index.php/jret.DOI: 10.22225/jr.1.1.93.94-107

Stone, Randi (2009) Best Practices forTeaching READING, USA : Corwin Press.

Tamtomo, Kristian (2012) Multilingual Youth, Literacy Practices, and Globalization in an Indonesian City: A Preliminary Exploration. University at Albany, State University of New York.

UNESCO. (2003). Pendidikan dalam dunia yang multibahasa. www.UNESCO.org.education.

UNESCO (2007) World Education Forum in Dakar in 2000 dalam UNESCO Bangkok 2007

Wurianto, Arif Budi, (2009) Aspek budaya pada upaya konservasi air dalam situs Kepurbakalaan dan mitologi masyarakat malang UMANITY, Volume IV, Nomor 2, Maret 2009:

Weber, Jacquest. (2012). Introducing multilingualism: a social approach. USA: Routledge 2 Park Square, Milton Park, Abingdon, Oxon OX14 4RN.

##submission.downloads##

Abstrak View: 2040,

Diterbitkan

2020-10-12

Terbitan

Bagian

Articles