RELASI DAN RELEVANSI TUJUAN DAN MATERI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DENGAN PENDIDIKAN AHL AL-SUNNAH WA AL-JAM‘AH (ASWAJA)

Penulis

  • Arif Rahmah Hakim STAI NGAWI

DOI:

https://doi.org/10.56997/almabsut.v3i1.37

Kata Kunci:

Pendidikan Aswaja, PAI

Abstrak

relasi yang terjadi antara tujuan pembelajaran PAI dengan tujuan pembelajaran pendidikan Aswaja adalah bersifat lateral-sekuensial di mana antar keduanya saling berinteraksi dan berkonsultasi. Sedanghkan relevansi antara tujuan pembelajaran PAI dengan tujuan pembelajaran pendidikan Aswaja adalah bersifat internal sekaligus eksternal. Kesesuaian bersifat internal berhubungan langsung dengan kurikulum yang digunakan yang berkaitan dngan tujuan, sedangkan kesesuaian eksternal lebih cenderung pada pemenuhan kebutuhan siswa akan pendidikan agama. Relasi antara materi pembelajaran PAI dan materi pendidikan Aswaja terjadi secara lateral sekuensial dimana antar materi saling berkonsultasi dan berinteraksi serta memiliki hubungan yang bersifat vertical linier yaitu materi PAI menjadi sumber materi dari Aswaja. Sedangkan relevansi materi pembelajaran PAI dengan materi Aswaja adalah lebih bersifat esternal yaitu berhubungan dengan kebutuhan siswa terhadap tuntunan dan pedoman hidup dan khususnya tentang kebutuhan rohani serta kebutuhan waktu.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A. Tafsir, et. al., Cakarawala Pemikiran Pendidikan Islam (Bandung: Mimbar Pustaka, 2004)

Abdul Majid, Dian Andayani, Pendidikan Islam Berbasis Kompetensi, Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004 (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2006)

Abudin Nata, Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009)

Agus Abdul Qodir Ridwan, et. al., Gerbang Pesantren, Pengantar Memahami Aswaja (Kediri: Ittihadul Muballighim Pon-Pes Lirboyo, 2009)

Armai Arief, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam (Jakarta: Ciputat Press, 2002)

As'ad Toha, et. al, Pendidikan Aswaja dan Ke-NU-an (Surabaya: PW LP Ma’arif NU Jawa Timur, 1998)

Basuki, et. al., Buku Modul-1, Materi Pembekalan Bagi Mahasiswa Peserta PPLK II (Ponorogo: STAIN PO Press, 2007)

E. Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2007)

E. Mulyasa, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2007)

Erwin Yudi Prahara, Materi Pendidikan Islam (Ponorogo: STAIN PO Press, 2008)

Hamzah B. Uno, Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran (Jakarta: Bumi Aksara, 2008)

Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001)

Heri Jauhari Muhtar, Fikih Pendidikan (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2008)

Hery Noer Aly, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Bumi Aksara, 1993)

Imam Barnadib, Subari Imam Barnadib, Beberapa Aspek Substansial Ilmu Pendidikan (Yogyakarta: ANDI Offset, 1996)

Izzudin Karimi, Najib Junaidi, Ringkasan Keyakinan Islam (Aqidah Ahl al-Sunnah wa al-Jamâ‘ah ) (Surabaya: Pustaka elBA, 2006)

K. H. MA Sahal Mahfudh, Nuansa Fiqih Sosial (Yogyakarta: LKiS, 1994)

M. Dahlan Y. Albarri, L. Lya Sofyan Yacub, Kamus Induk Istilah Ilmiah (Surabaya: Target Press, 2003)

M. Saekhan Muchith, Pembelajaran Kontekstual (Semarang: RaSAIL Media Group, 2008)

Muhaimin, et. al., Paradigma Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2008)

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2009)

Muzayyin Arifin, Kapita Selekta Pendidikan Islam (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2003)

Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2009)

Nur Uhbiyati, Long Life Education, Pendidikan Anak Sejak dalam Kandungan Smpai Lansia (Semarang: Wali Songo Perss, 2009)

Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran (Jakarta: Bumi Aksara, 2003)

Oemar Hamalik, Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi (Jakarta: Bumi Aksara, 2002)

Tim Penyusun, Pendidikan Aswaja dan Ke-NU-an (Surabaya: PW LP Maarif NU Jawa Timur, tt)

Subari, Supervisi Pendidikan dalam Rangka Perbaikan Situasi Mengajar (Jakarta: Bumi Aksara, 1994)

Susanto, Pengembangan KTSP dengan Perspektif Manajemen Visi (tk: Matapena, 2007)

Syaiful Sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran (Bandung: Alfabeta, 2005)

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 2005)

Wina Sanjaya, Kurikulum dan Pembelajaran, Teori dan Praktik engembangan KTSP (Jakarta: Kencana, 2009)

Wina Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran (Jakarta: Kencana, 2009)

##submission.downloads##

Abstrak View: 2060,

Diterbitkan

2012-09-01

Terbitan

Bagian

Articles