Vol. 15 No. 1 (2021): MARET
Articles

PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN TERPADU (Studi tentang Pendidikan Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT)

Sadiran Sadiran
IAI Ngawi

Published 2021-04-01

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ; (1) bagaimana proses pelaksanaan pendidikan Karakter dengan kurikulum muatan lokal (Mulok) di SDIT Almukminun dan untuk mengetahui (2) seperti apa langkah-langkah yang ditempuh oleh pihak SDIT Almukminun atau bagaimana respon yang ditawarkan dalam mendukung dan mempersiapkan Muatan Lokal yang ada di SDIT Almukminun Ngrambe,.

Penelitian ini menggunakan metode riset lapangan (field research) sekaligus participation research dengan tehnik analisia deskriptif analitik.Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisa dengan menggunakan model analisa deskriptik-analitik.

Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pelaksanaan pendidikan Karakter pada muatan lokal di sekolah dasar SDIT Almukminun Ngrambe bisa terwujud dan bisa terlaksana dengan baik adalah karena ditunjang oleh beberapa faktor sebagai berikut; [1] adanya proses penerimaan siswa yang sangat ketat dan harus melalui proses penyeleksian yang bertahap menurut pola peraturan yang ada, [2] selalu mengoptimalkan dan menyeimbangkan antara ranah afektif, kognitif, dan psikomotorik, [3] adanya guru-guru (pendidik) yang berkualitas dengan pendidikan minimal sarjana (S1) yang telah melalui tahapan rekruitmen berdasarkan syarat standarisasi kompetensi guru yang ditetapkan pihak SDIT setempat,dan selalu mengedepankan konsep multi metode dalam strategi penyampaian di setiap proses belajar mengajar.

Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi Almukminun, siswa, tenaga pengajar terutama dalam memberi dorongan kepadasiswa agar senantiasa menerapkan karakter secara lebih memadai.

 

Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Terpadu dan Al Mukminun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Agus Wibowo, Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012
  3. Amier Daien Indrakusuma, Pengantar Ilmu Pendidikan,Surabaya : Usaha Nasional, 1999.
  4. John P. Miller disadur oleh Abdul Munir Mulkhan, Cerdas di Kelas Sekolah Kepribadian, Yogyakarta: Kreasi Wacana, 2002.
  5. Katatrina Tomasevski, ed. Hafid AbbasPendidikan yang Terabaikan, Sida, 2003.
  6. Luluk Mauluah,, Membangun Karakter Kerjasama, Kreatif dan Tanggungjawab Mahasiswa PGMI Melalui Pembelajaran Matematika Berbasis Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) dala, Pendidikan Karakter Dalam Persepektif Pendiodikan Islam, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013.
  7. Mukodi, Pendidikan Islam Terpadu, Yogyakarta: Magnum Pustaka, 2010.
  8. Soelaiman Joesoef Slamet Santoso, Pendidikan Luar Sekolah, * Surabaya, Usaha Nasional, 1981.
  9. Thomas Lickona, Character Matters, Jakarta: Bumi Aksara, 2012,