RELEVANSI POKOK-POKOK PIKIRAN KITAB TA’LIM ALMUTA’ALLIM DALAM PENGEMBANGAN TRADISI ILMIAH

Authors

  • Hariadi Hariadi STAI NGAWI

DOI:

https://doi.org/10.56997/almabsut.v9i1.24

Abstract

Abstrak Tulisan ini merupakan hasil penelitian kepustakaan terhadap kitab “Ta‟lim alMuta‟allim†karya Syaikh al-Zarnujiy. Pokok masalah yang hendak dijawab oleh penelitian ini adalah bagaimana pokok-pokok pikiran pendidikan dalam kitab tersebut dikontekstulisaikan dengan tradisi ilmiah dalam pendidikan modern. Tradisi ilmiah di sini meliputi beberapa konsep sebagai berikut: konsep tentang ilmu pengetahuan; konsep tentang etika ilmiah; konsep tentang hidup dan tujuan pendidikan dan konsep tentang interaksiedukatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada beberapa pokok pikiran pendidikan dalam kitab tersebut yang perlu direvitalisasi, demikian pula ada beberapa yang harus diperbarui, dalam kaitannya dengan pengembangan tradisi saintifik dalam pendidikan modern.  Kata-kunci: Kitab Ta‟lim al-Mutaalim, Tradisi Ilmiah, Pendidikan Modern
 
 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Hariadi Hariadi, STAI NGAWI

 
 

References

Ahmad, Mahammad Abdul Qodir, Ta‟lim al-Muta‟allim Thoriq al-

Ta‟llumi Ta‟lif al-Imam Burhan al-Ddin al-Zarnujiy Halaway 539 H/620 M., Mesir, 1982.

Al-Qur‟an dan Terjemahannya, Depag RI., 1990. Amin, Ahmad, Islam dari Masa ke Masa, Remaja Rosdakarya, Bandung,

III, 1993. Amin, M. Masyhur (Ed.), Dialog Pemikiran Islam dan Realitas Empirik,

LKPSM NU DIY. Yogyakarta, 1993.

Amin, M. Masyhur (Ed.), Dialog Pemikiran Islam dan Realitas Empirik,

LKPSM NU DIY. Yogyakarta, 1993. Amirin, Tatang M., Menyusun Rencana Penelitian, Rajawali Press,

Jakarta, I, 1986. Arifin, H.M., Filsafat Pendidikan Islam, Bina Aksara, Jakarta, II, 1991. As‟ad, Aliy, Bimbingan bagi Penuntut Ilmu Pengetahuan, Kudus, I, 1978. As-Siba‟i, Mustafa, Kebangkitan Kebudayaan Islam, Media Da‟wah,

Jakarta, t.t.. Azra, Azyumardi, “Neo-Sufisme Dan Masa Depan Islamâ€, Makalah

Disampaikan pada Acara Studium General yang Diselenggarakan oleh SEMA FT IAIN Sunan Ampel Malang pada Tanggal 5 Mei 1994.

Bakker, Anton dan Achmad Charris Zubair, Metodologi Penelitian

Filsafat, Kanisius, Yogyakarta, I, 1990. Buchori, Muchtar, Pendidikan dalam Pembangunan, Tiara Wacana Yogya

dan IKIP Muhammadiyah Jakarta, Yogyakarta, I, 1994. Depag RI, Team Bimbaga Islam, Sejarah dan Kebudayaan Islam I, IAIN

“Alauddin†dan Depag RI, Jakarta, 1981/1982. Ghazalba, Sidi, Islam Integrasi Ilmu dan Kebudayaan, Tinta Mas,

Djakarta, 1967.

Downloads

Abstract View: 488,

Published

2015-04-01