PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN FIQIH HAJI BERBASIS MULTIMEDIA DI MADRASAH

Authors

  • Anik Faridah STAI NGAWI

DOI:

https://doi.org/10.56997/almabsut.v9i1.22

Abstract

Seiring dengan perkembangan budaya zaman yang penuh tantangan dan kecanggihan teknologinya, pendidikan diharuskan mampu melakukan terobosan-terobosan baru ke arah pengembangan diri melalui pembelajaran. Apalagi hari ini, peserta didik mulai dari Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi tidak dapat terlepas dari kebutuhannya terhadap teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Maka diterapkannya model pembelajaran berbasis multimedia ini akan membantu peserta didik agar lebih melek lagi dengan dunia informasi dan teknologi. Namun, tentu saja harus ada kesiapan dari tenaga pendidik dan lembaga pendidikan, sebab hal itu merupakan tantangan dalam pengelolaan pendidikan dan pembelajaran agar dapat terjadi akselerasi pembelajaran yang seimbang.

Multimedia dalam Model pembelajaran fiqih haji di MA Sunan Ampel, dalam proses pembelajarannya di golongkan menjadi dua, pertama; multimedia berbasis komputer dan multi media berbasis pengalaman langsung. Multimedia berbasis komputer adalah pemanfaatan komputer sebagai salah satu alat elektronik yang mampu melibatkan berbagai indera dan organ tubuh, seperti telinga (audio), mata (visual), dan tangan (kinetik), yang dengan pelibatan ini dimungkinkan informasi atau pesannya mudah dimengerti. Kedua; Multimedia berbasis pengalaman langsung. Termasuk dalam pengalaman berbuat langsung dalam konteks pembelajaran fiqih haji adalah mempraktekkan manasik haji bersama-sama siswa lainnya dengan miniatur dan model yang hampir menyerupai Ka’bah dan manasik lainnya serta melalui demonstrasi.

Pendekatan penelitian ini didasarkan pada pendekatan kualitatif, karena berusaha mendeskripsikan dan menganalisis fenomena secara individual maupun kelompok yang merupakan suatu ciri pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini juga dilakukan dalam situasi yang natural setting.

Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan (action research) karena berusaha melakukan tindakan-tindakan dalam pembelajaran.

Pada akhirnya, penggunaan multimedia disadari  oleh banyak praktisi pendidikan sangat membantu aktivitas proses pembelajaran baik didalam maupun diluar kelas. Sehingga proses pembelajaran menjadi lebih aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan serta dapat membantu peningkatan prestasi belajar siswa. Melalui pembelajaran fiqih haji berbasis multimedia juga diharapkan mampu membuat siswa pintar, terampil, dan berakhlak mulia.

 

Kata Kunci: Pembelajaran, Fiqih Haji, Multimedia. 

 

 
 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Anik Faridah, STAI NGAWI

 
 

References

Ariani, Niken. dan Haryanto, Dany., Pembelajaran Multimedia di Sekolah (Pedoman Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif dan Prospektif), Jakarta: Prestasi Pustaka, 2010.

Bahri, Saiful. Zain, Aswan. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 1996.

Bisri, Adib. dan al-Fatah, Munawwir. Kamus Indonesia-Arab al-Bisri, Jakarta: Pustaka Progressif, 1999.

Daryanto, Media Pembelajaran (Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran), Yogyakarta: Penerbit Gava Media, 2010.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1997. ed. 2, Cet. 9.

Al-Ghaza>li>. Asra>r al-H{ajj. Kairo: Shirkah al-I’la>na>t al-Sharqiyyah, tt.

Hamalik, Oemar. Media Pendidikan, Bandung: PT. Citra Aditya Bakti, 1989.

Joyce, Bruce. Weil, Marsha. dan Calhoun, Emily. Models of Teaching (Model-Model Pengajaran) Edisi 8, Penerjemah: Ahmad Fawaid dan Ateilla Mirza, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Mayer, E, Richard. Multimedia learning (Prinsip-Prinsip dan Aplikasi), Penerjemah; Teguh Wahyu Utomo, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Munadi, Yudhi. Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Gaung Persada Press, 2010.

Munir. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta, 2008.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada, 2010.

-------Kurikulum dan Pembelajaran (Teori dan Praktik Pengembangan KTSP), Jakarta: Kencana, 2009.

Sanaky, AH, Hujair. Media Pembelajaran (Buku Pegangan Wajib Guru dan Dosen), Yogyakarta: Kaukaba Dipantara, 2011.

Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.

Undang-Undang Dasar 1945 Yang Sudah Diamandemen Dengan Penjelasannya. Surabaya: Apollo.

Undang-Undang Dasar R.I. Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas, Bandung: Citra Umbara, 2009.

Uno, B, Hamzah. Model Pembelajaran (Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif), Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

CD. Al-Maktabah al-Sha>milah: S{ah}i>h} al-Bukha>ri>, hadis no. 1723; S{ah}i>h} Muslim: hadis no. 3358. Musnad Ah}mad ibn H}anbal.

Peraturan Menteri Agama RI, Nomor 2, Tahun 2008, tentang “Standar kompetensi Lulusan dan Standar Isi PAI dan Bahasa Arab di Madrasahâ€.

http://RomiSatriaWahono.net./category/elearning

Downloads

Abstract View: 2137,

Published

2015-04-01