URGENSI BIMBINGAN DAN KONSELING PADA ANAK USIA DINI DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN GENDER

Penulis

  • Ai Durotuss Sopiah STIT NU Al-Farabi Pandanaran

DOI:

https://doi.org/10.56997/aflahconsilia.v3i1.2157

Kata Kunci:

Bimbingan Konseling, Anak Usia Dini, Pendidikan Gender

Abstrak

Guru bimbingan dan konseling dilingkungan pendidikan pentinga adanya, karena dengan adanya guru bimbingan dan konseling bukan hanya membantu dalam segala aspek yang berhubungan dengan permasalahn prilaku anak saja namun dapat menjadi pendukung dan pembentuk serta pemberi pengetahuan dalam aspek perkembangan sosial anak khususnya pada ranah gender. Penelitian ini menggunakan penelitian studi kepustakaan dengan pendekatan analisis deskriptif. hasil penelitiannya bahwa penemuan identitas bagi anak guru bimbingan dan konseling menjadi pendorong dalam menemukan tersebut. Usia dini merupakan masa penuh keemasan, yakni masa awal dalam pembentukan segala aspek kehidupan anak dan masa tumbuh kembangnya potensi yang dimiliki oleh anak. Sejak usia 0-6 tahun Pemahaman atas gender bagi anak usia diniĀ  perlu diterapkan sedini mungkin. Sebab di usia tersebut tumbuh kembang anak lagi dimasa pesat-pesatnya. Stimulus positif sangat dibutuhken oleh anak sebab pembelajaran dimasa kecil akan berpengaruh pada perkembangan anak di masa-masa berikutnya.

##submission.downloads##

Abstrak View: 223,

Diterbitkan

2024-12-30