PENERAPAN REWARD DAN PUNISHMENT SISTEM POIN UNTUK PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA
DOI:
https://doi.org/10.56997/aflahconsilia.v3i1.1603Kata Kunci:
Reward dan Punishmen, Sistem Poin, DisiplinAbstrak
Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk pertama, mendeskripsikan mengenai tingkat kedisiplinan siswa serta bentuk- bentuk reward dan punishment dalam mengembangkan kedisiplinan siswa di SMA Negeri 1 Kedunggalar. Kedua mendeskripsikan langkah-langkah pemberian reward dan punishment dalam mengembangkan kedisiplinan siswa di SMA Negeri 1 kedunggalar. Ketiga Mengetahui dampak dari pemberian reward dan punishment di SMA Negeri 1 kedunggalar. Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis penelitian kualitatif dengan jenias deskriptif. Teknik pengumpulan data ada tiga cara, yaitu : observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan (pengumpulan data), Data Reduction (reduksdi data), Data Display (penyajian data), dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama dalam pemberian reward dan punishment yang dilakukan di SMA Negeri 1 kedunggalar sudah berjalan dengan baik. Bentuk reward yang diberikan berupa point positif, piagam, dan diumumkan di forum. Bentuk punishment yang diberikan berupa poin negatif, serta dikeluarkan. Kedua pemberian reward dan punishment dalam kegiatan sehari-hari berjalan dengan baik sesuai dengan peraturan yang ada dalam buku ketertiban siswa dan mengacu kepada empat tahapan dalam mendisiplinkan siswa dengan adanya peraturan, hukuman, ganjaran dan konsistensi. Ketiga dampak dari penerapan reward dan punishment menjadikan siswa lebih disiplin yaitu dengan disiplin waktu dan disiplin peraturan.
Kata Kunci: Reward dan Punishmen, Sistem Poin, Kedisiplinan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 AflahConsilia : Jurnal Bimbingan dan Konseling

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


