IMPLEMENTASI BINA DIRI DENGAN TEKNIK MODELLING UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ADAPTIF SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII C SLB YPPABK Ngawi)
DOI:
https://doi.org/10.56997/aflahconsilia.v1i2.1025Kata Kunci:
Bina diri, Teknik Modelling, Perilaku adaptifAbstrak
Pembelajaran bina diri di kelas VIII C sekolah luar biasa YPPABK Ngawi dalam praktikknya masih perlu banyak dikembangkan berdasarkan keluhan yang dialami guru mata pelajaran bina diri kelas VIII C saat pembelajaran bina diri sangat sering melakukan perilaku non adaptif saat pembelajaran berlangsung siswa sulit dikendalikan, sering tantrum dan menyakiti diri sendiri, siswa tidak fokus saat kontak mata, siswa sering meludahi, membanting dan merampas barang milik teman, siswa sering ijin ke kamar mandi dan tidak kembali ke kelas saat jam pelajaran masih berlangsung, siswa mengalami penurunan dalam respon saat komunikasi, siswa kurang mampu memahami intruksi sederhana seperti duduk, berdiri dan jongkok, siswa sering tidak masuk sekolah saat ada jadwal pelajaran bina diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bina diri di kelas VII C, mengetahui penyebab siswa melakukan perilaku non adaptif, penerapan bina diri dengan teknik modelling dan peningkatan perilaku adaptif sisiwa. Penggunaan teknik modelling dalam pelajaran bina diri diharapkan agar siswa lebih mudah memahami, mempraktikkan materi yang diberikan dan dapat meningkatkan perilaku adaptif yang ada. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang bersifat deskriptif kualitatif dengan model studi kasus. Subjek penelitian iniadalah guru mata pelajaran bina diri di kelas VIII C Sekolah Luar Biasa Ngawi. Metode pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah penerapan bina diri dengan teknik modelling dapat meningkatkan perilaku adaptif siswa kelas VIII C sekolah luar biasa YPPABK Ngawi. Teknik modelling ini memudahkan siswa dalam memahami, mempraktikkan materi yang disampaikan oleh guru dan meningkatkan perilaku adaptif siswa terlihat dari perubahan perilaku dan sikap siswa dalam berintraksi sosial dengan semua guru dan dengan teman satu kelasnya, mereka tidak pernah melakukan perilaku non adaptif seperti sebelumnya.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 AflahConsilia : Jurnal Bimbingan dan Konseling

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


