Implementasi Metode Bermain Peran Tema Binatang Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelompok A1
Implementasi Metode Bermain Peran Tema Binatang Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelompok A1 Di RA Miftahul Ulum Mojoparon.
DOI:
https://doi.org/10.56997/earlystage.v3i2.2456Keywords:
Role Playing Method, Learning OutcomesAbstract
Pengimplementasian metode bermain peran sebagai alternatif metode
pembelajaran yang bisa digunakan untuk menunjang hasil belajar anak usia dini
kususnya pada kelompok A dimana metode ini memiliki banyak kegiatan yang
menarik dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Menggambarkan
pelaksanaan penggunaan metode bermain peran dalam meningkatkan hasil belajar
siswa di kelompok A1 RA Miftahul Ulum Mojoparon 2. mendeskripsikan
keunggulan dan kekurangan penggunaan metode bermain peran bagi peningkatan
hasil belajar siswa di kelompok A1 RA Miftahul Ulum Mojoparon. Metodepenelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu metode kualitatif. Hasil dari
penelitian ini peneliti menemukan bahwasanya implementasi metode bermain
peran tema binatang sangat efektif dalam menaikkan nilai siswa yakni sebesar 90%
siswa berhasil mendapatkan nilai berkembang sangat baik (BSB). Peneliti juga
menemukan 4 kelebihan yaitu menarik, dapat dikombinasikan dengan metode lain,
melibatkan siswa secara langsung, guru dan siswa dapat berkolaborasi dalam proses
pembelajaran dan 1 kekurangan metode bermain peran yaitu: membutuhkan waktu
yang lama.
Downloads


Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Early Stage

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.