DAMPAK DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN EMOSI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD NEGERI 2 BEJIARUM
DOI:
https://doi.org/10.56997/pgmi.v1i2.996Keywords:
Terbit Bulan Jumi 2023Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dukungan orang tua terhadap kecerdasan emosi anak berkebutuhan khusus di SD 2 Bajiarum. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak dukungan orang tua terhadap kecerdasan emosi pada anak berkebutuhan khusus di SD negeri 2 Bejiarum ini sangat berpengaruh, seperti hal nya terjadi kerjasama antara lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, maupun lingkungan sekolah untuk membantu proses pertumbuhan dan perkembangan pada kecerdasan emosi nya. Untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam pertumbuhan dan perkembangan anak berkebutuhan khusus memang sangat dibutuhkan peran orang tua untuk memperhatikannya. Anak berkebutuhan khusus ini sering terkucilkan dan diperlakukan tidak layak seperti anak normal lainnya oleh masyarakat pada umumnya, ini dikarenakan kurangnya edukasi kepada masyarakat awam tentang kondisi anak berkebutuhan khusus. Apa bila kondisi yang menghawatirkan ini dibiarkan dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak berkebutuhan khusus karena dikucilkan oleh masyarakat maupun lingkungan keluarganya, oleh karena itu dukungan orang tua sangat dibutuhkan dan berpengaruh pada anak yang berkebutuhan khusus.
References
Amelasasih. (2016). Resiliensi Orangtua Yang Mempunyai Anak Berkebutuhan Khusus. Psikosains, 11(2), 72-81.
Desiningrum, (2016). Psikologi anak berkebutuhan khusus. Yogyakarta : Psikosains
Fitria,(2019). Pengaruh kecerdasan emosi, dukungan sosial, dan rasa syukur terhadap penerimaan orang tua pada anak dengan berkebutuhan khusus.
Hidayati, (2011). Dukungan sosial bagi keluarga anak berkebutuhan khusus. Jurnal Pendidikan
Inayah, (2021). Pengaruh Kecerdasan emosi dan dukungan sosial terhadap penerimaan orang tua anak berkebutuhan khusus di SD suryo Bimo kresno semarang.
Syaputri echa, Afriza roda (2022) Peran orang tua dalam tumbuh kembang anak berkebutuhan khusus. Jurnal pendidikan
Amelasasih. (2016). Resiliensi Orangtua Yang Mempunyai Anak Berkebutuhan Khusus. Psikosains, 11(2), 72-81.
Desiningrum, (2016). Psikologi anak berkebutuhan khusus. Yogyakarta : Psikosains
Fitria,(2019). Pengaruh kecerdasan emosi, dukungan sosial, dan rasa syukur terhadap penerimaan orang tua pada anak dengan berkebutuhan khusus.
Hidayati, (2011). Dukungan sosial bagi keluarga anak berkebutuhan khusus. Jurnal Pendidikan
Inayah, (2021). Pengaruh Kecerdasan emosi dan dukungan sosial terhadap penerimaan orang tua anak berkebutuhan khusus di SD suryo Bimo kresno semarang.
Syaputri echa, Afriza roda (2022) Peran orang tua dalam tumbuh kembang anak berkebutuhan khusus. Jurnal pendidikan
Downloads


Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mila Dina Nur Khasanah, Attinia Hidayah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal PGMI : Jurnap Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah CC-BY or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.