PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DI KELAS IV SDN 12 ANDALAS BARUH BUKIT

Authors

  • salman alfarisi fari universitas islam negeri mahmud yunus batusangkar

Keywords:

Kata Kunci: Merdeka, Kurikulum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran berbasis kurikulum merdeka di kelas IV SD Negeri 12 Andalas Baruh Bukit. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan studi kasus, jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang mendengar dan melihat secara langsung dan mendetail terkait dengan permasalahan yang terjadi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan beberapa teknik yaitu: (1) wawancara; (2) observasi; (3) dokumentasi. untuk memastikan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Dari hasil kajian dalam penelitian ini ditemukan adanya kurikulum mandiri yang dijadikan acuan di sekolah, yang menghasilkan siswa yang berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, kreatif, dan memiliki rasa kebhinekaan.

 

References

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95–101.

Ineu, S., Teni, M., Yadi, H., Asep, H. H., & Prihantini. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://media.neliti.com/media/publications/444639-none-ee780f83.pdf

Jusuf, H., & Sobari, A. (2022). Pembelajaran Paradigma Baru Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(2), 185–194. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v5i2.1360

Marneli, D., & Anastasha, D. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Course Review Horay untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 21 Sawah Tangah. Bada’a:Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 151–164. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.584

Astuti, Siwi Puji, ‘PENGARUH KEMAMPUAN AWAL DAN MINAT BELAJAR’, 5.1 (2015), 68–75

Diah Permata Sari, Safrizal, ‘Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Strategi Think , Predict , Read , Connect Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar’, Journal of Education, 4.2 (2021), 177–88

Mesra, Putrina, Eko Kuntarto, and Faizal Chan, ‘Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Di Masa Pandemi’, Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7.3 (2021), 177–83 <https://doi.org/10.5281/zenodo.5037881>

Nisa, Afiatin, Program Studi, and Bimbingan Konseling, ‘Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial’, II.1 (2015), 1–9

Riska sarika, dani gunawan, herdi mulyana, ‘Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Di Sd Negeri 1 Sukagalih’, CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1.2 (2021), 49–56 <https://doi.org/10.31980/caxra.v1i2.1437>

Tambunan, Muhammad Iqbal H, ‘PENGARUH MINAT DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA SE-KOTA STABAT’, 2, 2018, 109–15

Downloads

Abstract View: 73,

Published

2023-07-29