PENERAPAN ALAT PERAGA SISTEM PEREDARAN DARAH PEMBELAJARAN IPAS PADA SISWA KELAS V MI AL-BAROKAH AJUNG JEMBER

Authors

  • Nanik Syafiratul Jannah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Muhammad Suwignyo Prayogo Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Ayu Nizahiroh Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.56997/pgmi.v3i2.2167

Keywords:

penerapan alat peraga sistem peredaran darah, pembelajaran IPAS, Kelas V MI

Abstract

Alat peraga dalam pembelajaran IPA berfungsi sebagai media bantu untuk menjelaskan konsep IPA menggunakan objek nyata. Penggunaan alat peraga dapat membantu proses belajar mengajar IPA menjadi lebih efisien dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan alat peraga pada sistem peredaran darah dalam pembelajaran IPA bagi siswa kelas 5 di MI Al-Barokah Ajung Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan pengumpulan data melalui dokumentasi, obsevasi, dan wawancara. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga sistem peredaran darah dalam proses belajar mengajar di MI Al-Barokah Ajung Jember efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa, karena mereka mampu memahami konsep abstrak dalam materi sistem peredaran darah dengan lebih baik. Peneliti merekomendasikan agar penelitian selanjutnya mengembangkan alat peraga yang lebih interaktif dan efektif.

References

Anjarwati, A., Afifa, A., Ilmia, I., Putri, D. S., & Bayu, M. S. (2022). Penerapan Dan Pengaruh Penggunaan Media Alat Peraga Sepeda (Sistem Peredaran Darah) Dalam Pembelajaran IPA Kelas V Di Sdn Kerpangan I. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 5(2), 199–204. https://doi.org/10.47647/jsh.v5i2.960

Asep Kurniawan. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rossdakarya.

Fikrah Mutia Kinanti, & Nirwana Anas. (2024). Efektivitas Penggunaan Alat Peraga “Aliran Darahku” Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Sistem peredaran Darah. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 22(1), 10–87.

Downloads

Abstract View: 89,

Published

2025-08-19