PENERAPAN ALAT PERAGA SISTEM PEREDARAN DARAH PEMBELAJARAN IPAS PADA SISWA KELAS V MI AL-BAROKAH AJUNG JEMBER
DOI:
https://doi.org/10.56997/pgmi.v3i2.2167Keywords:
penerapan alat peraga sistem peredaran darah, pembelajaran IPAS, Kelas V MIAbstract
Alat peraga dalam pembelajaran IPA berfungsi sebagai media bantu untuk menjelaskan konsep IPA menggunakan objek nyata. Penggunaan alat peraga dapat membantu proses belajar mengajar IPA menjadi lebih efisien dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan alat peraga pada sistem peredaran darah dalam pembelajaran IPA bagi siswa kelas 5 di MI Al-Barokah Ajung Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan pengumpulan data melalui dokumentasi, obsevasi, dan wawancara. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga sistem peredaran darah dalam proses belajar mengajar di MI Al-Barokah Ajung Jember efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa, karena mereka mampu memahami konsep abstrak dalam materi sistem peredaran darah dengan lebih baik. Peneliti merekomendasikan agar penelitian selanjutnya mengembangkan alat peraga yang lebih interaktif dan efektif.
References
Anjarwati, A., Afifa, A., Ilmia, I., Putri, D. S., & Bayu, M. S. (2022). Penerapan Dan Pengaruh Penggunaan Media Alat Peraga Sepeda (Sistem Peredaran Darah) Dalam Pembelajaran IPA Kelas V Di Sdn Kerpangan I. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 5(2), 199–204. https://doi.org/10.47647/jsh.v5i2.960
Asep Kurniawan. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rossdakarya.
Fikrah Mutia Kinanti, & Nirwana Anas. (2024). Efektivitas Penggunaan Alat Peraga “Aliran Darahku” Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Sistem peredaran Darah. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 22(1), 10–87.
Downloads


Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nanik Syafiratul Jannah, Muhammad Suwignyo Prayogo, Ayu Nizahiroh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal PGMI : Jurnap Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah CC-BY or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.