PERAN SENTRAL ORANG TUA SERTA GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN NILAI-NILAI KEISLAMAN UNTUK MEMBENTUK KARAKTER PEDULI SOSIAL DI LINGKUNGAN SEKOLAH DASAR

Pendahuluan, Mrtode Penelitian, Hasil Pembahasan, Penutup, Daftar Pustaka

Authors

  • imronah iim UIN K.H. Abdurrahman Wahid
  • Rahmat Kamal UIN Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.56997/pgmi.v2i1.1280

Keywords:

Implementasi Orang Tua Guru Peran Sentral Peserta Didik Strategi

Abstract

Kepedulian sosial itu adalah tindakan yang memiliki sifat sosial seperti membantu
satu sama lain untuk menciptakan lingkungan yang damai. Anak zaman sekarang gampang sekali
terbawa arus negatif dari pihak luar. Oleh karena itu, di sini peran sentral orang tua dan guru di
sekolah sangat-sangat dibutuhkan untuk membentuk karakter peserta didik agar memiliki budi
pekerti yang baik. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran sentral orang tua dan
guru dalam mengimplementasikan nilai-nilai keislaman. Serta upaya apa saja yang dilakukan oleh
orang tua dan guru dalam mengimplementasikan hal tersebut. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dekriptif. Dimana teknik pengumpulan datanya dengan melakukan studi
literatur. Subjek penelitian ini adalah guru, kepala sekolah, orang tua dan peserta didik itu sendiri.
Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman yang lebih lanjut tentang upaya
pengimplentasian nilai-nilai keislaman untuk membentuk karakter peduli sosial di lingkungan
sekolah dasar yang berkelanjutan bagi generasi sekarang maupun generasi yang akan datang.

References

Budiyanto, A. 2016. Peran Guru dalam Mengembangkan Kepedulian Sosial Siswa dalam

Kegiatan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal: Pendidikan Dompet Dhuafa. Volume

Nomor 2.

Khaerunnisa, Siti & Muqowim. 2020. Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Karakter Peduli

Sosial. Jurnal: ThufuLA. Volume 9 Nomor 2.

Masrukhan, Ahsan. 2016. Pelaksanaan Pendidikan Karakter Peduli Sosial di SD Negeri

Kotagede 5 Yogyakarta. Jurnal: Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume 29 Nomor 5.

Narwanti, Sri. 2011. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Familia.

Nur, Asma & Rusli Malli. 2022. Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak Usia

Dini di Desa Bontoala Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Islamic Journal:

Pendidikan Agama Islam. Volume 1 Nomor 1.

Putri, Deva Arshinta Anggraeni & Raden Roro Nanik Setyowati. 2003. Implementasi

Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan pada SBL

Sarwono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Verren, dkk. (2020). Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter

Sikap Kepedulian Sosial Siswa di SMPN 2 Gunung Jati Kabupaten Cirebon. Jurnal

Sintax Transformation. Volume 1 Nomor 1.

Yuni. 2021. Strategi Orang Tua dalam Meningkatkan Nilai-nilai Spiritual Anak Usia Dini

dalam Keluarga di Kelurahan Tanjung Merdeka Kecamatan Tamalate Kota Makassar.

Jurnal Kajian Islam Kontemporer. Volume 12 Nomor 1.

Downloads

Abstract View: 140,

Published

2024-03-02