PERAN SENTRAL ORANG TUA SERTA GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN NILAI-NILAI KEISLAMAN UNTUK MEMBENTUK KARAKTER PEDULI SOSIAL DI LINGKUNGAN SEKOLAH DASAR
Pendahuluan, Mrtode Penelitian, Hasil Pembahasan, Penutup, Daftar Pustaka
DOI:
https://doi.org/10.56997/pgmi.v2i1.1280Keywords:
Implementasi Orang Tua Guru Peran Sentral Peserta Didik StrategiAbstract
Kepedulian sosial itu adalah tindakan yang memiliki sifat sosial seperti membantu
satu sama lain untuk menciptakan lingkungan yang damai. Anak zaman sekarang gampang sekali
terbawa arus negatif dari pihak luar. Oleh karena itu, di sini peran sentral orang tua dan guru di
sekolah sangat-sangat dibutuhkan untuk membentuk karakter peserta didik agar memiliki budi
pekerti yang baik. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran sentral orang tua dan
guru dalam mengimplementasikan nilai-nilai keislaman. Serta upaya apa saja yang dilakukan oleh
orang tua dan guru dalam mengimplementasikan hal tersebut. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dekriptif. Dimana teknik pengumpulan datanya dengan melakukan studi
literatur. Subjek penelitian ini adalah guru, kepala sekolah, orang tua dan peserta didik itu sendiri.
Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman yang lebih lanjut tentang upaya
pengimplentasian nilai-nilai keislaman untuk membentuk karakter peduli sosial di lingkungan
sekolah dasar yang berkelanjutan bagi generasi sekarang maupun generasi yang akan datang.
References
Budiyanto, A. 2016. Peran Guru dalam Mengembangkan Kepedulian Sosial Siswa dalam
Kegiatan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal: Pendidikan Dompet Dhuafa. Volume
Nomor 2.
Khaerunnisa, Siti & Muqowim. 2020. Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Karakter Peduli
Sosial. Jurnal: ThufuLA. Volume 9 Nomor 2.
Masrukhan, Ahsan. 2016. Pelaksanaan Pendidikan Karakter Peduli Sosial di SD Negeri
Kotagede 5 Yogyakarta. Jurnal: Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume 29 Nomor 5.
Narwanti, Sri. 2011. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Familia.
Nur, Asma & Rusli Malli. 2022. Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak Usia
Dini di Desa Bontoala Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Islamic Journal:
Pendidikan Agama Islam. Volume 1 Nomor 1.
Putri, Deva Arshinta Anggraeni & Raden Roro Nanik Setyowati. 2003. Implementasi
Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan pada SBL
Sarwono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Verren, dkk. (2020). Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter
Sikap Kepedulian Sosial Siswa di SMPN 2 Gunung Jati Kabupaten Cirebon. Jurnal
Sintax Transformation. Volume 1 Nomor 1.
Yuni. 2021. Strategi Orang Tua dalam Meningkatkan Nilai-nilai Spiritual Anak Usia Dini
dalam Keluarga di Kelurahan Tanjung Merdeka Kecamatan Tamalate Kota Makassar.
Jurnal Kajian Islam Kontemporer. Volume 12 Nomor 1.
Downloads


Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 imronah2512 iim, Rahmat Kamal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal PGMI : Jurnap Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah CC-BY or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.