ANALISIS EFEKTIVITAS KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS PADA PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.56997/pgmi.v2i1.1278Keywords:
kurikulum merdeka, Berpikir kritis, peserta didikAbstract
Kurikulum Merdeka merupakan program terbaru dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, yang diperkenalkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI dari Kabinet Indonesia Maju. Kurikulum ini bertujuan untuk untuk meningkatkan kemandirian, motivasi, dan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaranKeterampilan berpikir kritis ini merupakan keterampilan yang dapat dipelajari dan dapat dikembangkan. Keterampilan berpikir kritis tidak akan berkembang dengan baik tanpa ada usaha sadar untuk mengembangkannya selama pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas kurikulum Merdeka dalam meningkatkan berpikir kritis. Dalam penelitian ini menggunakan kualitataif di mana hasil akhir penelitian ini berupa data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Faktor-faktor seperti pendekatan pembelajaran berbasis proyek, penekanan pada keterampilan analisis, dan integrasi mata pelajaran memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan berpikir kritis. Implikasi penelitian ini mendukung keberlanjutan dan peningkatan implementasi Kurikulum Merdeka dalam upaya memajukan pendidikan yang berfokus pada pengembangan keterampilan kognitif tingkat tinggi.
Downloads


Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Isna Zahrotun, Rahmat Kamal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal PGMI : Jurnap Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah CC-BY or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.