ANALISIS EFEKTIVITAS KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS PADA PESERTA DIDIK

Authors

  • Isna Zahrotun UIN K.H.Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Rahmat Kamal Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.56997/pgmi.v2i1.1278

Keywords:

kurikulum merdeka, Berpikir kritis, peserta didik

Abstract

Kurikulum Merdeka merupakan program terbaru dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, yang diperkenalkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI dari Kabinet Indonesia Maju. Kurikulum ini bertujuan untuk untuk meningkatkan kemandirian, motivasi, dan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaranKeterampilan berpikir kritis ini merupakan keterampilan yang dapat dipelajari dan dapat dikembangkan. Keterampilan berpikir kritis tidak akan berkembang dengan baik tanpa ada usaha sadar untuk mengembangkannya selama pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas kurikulum Merdeka dalam meningkatkan berpikir kritis. Dalam penelitian ini menggunakan kualitataif di mana hasil akhir penelitian ini berupa data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Faktor-faktor seperti pendekatan pembelajaran berbasis proyek, penekanan pada keterampilan analisis, dan integrasi mata pelajaran memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan berpikir kritis. Implikasi penelitian ini mendukung keberlanjutan dan peningkatan implementasi Kurikulum Merdeka dalam upaya memajukan pendidikan yang berfokus pada pengembangan keterampilan kognitif tingkat tinggi.

Downloads

Abstract View: 475,

Published

2024-03-02