KEEFEKTIFAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR FASE B MELALUI PROBLEM BASED LEARNING(PBL) "STUDI LITERATUR"

Authors

  • okta vani UIN Raden Mas Said Surakarta
  • malika UIN Raden Mas Said Surakarta
  • wardah UIN Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.56997/pgmi.v2i1.1274

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Problem Based Learning, Hasil Belajar, Fase B

Abstract

Kurikulum merdeka diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang menetapkan bahwa terdapat beberapa hal yang harus disusun sebelum pembelajaran setelah itu melaksanakan pembelajaran kurikulum merdeka dengan diferensiasi pembelajaran serta assesment. Adapun rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Keefektifan Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar Siawa Sekolah Dasar Fase B Melalui Problem Based Learning (PBL)?”. Tujuan melaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keefektifan dalam penerapan kurikulum merdeka melalui PBL terhadap hasil belajar siswa SD Fase B. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis studi literatur dimana kami melakukan penelitian dengan cara menyimpulkan beberapa bahan materi yang bersumber dari jurnal, buku, dan sumber lainnya terkait ilmu tentang kurikulum dan implementasinya dalam pembelajaran yang ada di Indonesia terhadap hasil belajar siswanya. Dari penerapan model pembelajaran Problem Based Learning ini dapat dilihat dengan peningkatan hasil belajar dari peserta didik karena model Problem Based Learning merupakan model pembelajaran berbasis masalah yang diarahkan pada siswa untuk meningkatkan keaktifannya selama proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa yang dapat memecahkan masalah yang ada sehingga muncul adanya ide atau gagasan baru dalam penyelesaian masalahnya.

Author Biography

malika, UIN Raden Mas Said Surakarta

Mahasiswi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Dari UIN Raden Mas Said Surakarta

References

Abdullah, A. G dan Ridwan, T. (2008). Implementasi Problem Based Learning Pada Proses Pembelajaran di BPTP Bandung. Pendidikan Teknik Elektro FPTK UPI.

Anwar, K., & Jurotun, J. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA Pada Dimensi Tiga Melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Alat Peraga. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif Inovatif, 10(1), 94–104. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.19366

Astuti, P. (2018). Kemampuan Literasi Matematika dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. 1, 263–268.

Aulia F.,Muhammad A.,Budi W.,Zaenuri (2021). PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA. Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama Vol. 13 No. 2.

Aziz, A., Ahyan, S., & Fauzi, L. M. (2016). IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA MELALUI LESSON STUDY. 2(1), 83–91.

Barlian, & Iriantara, Y. (2021). Penerapan Kurikulum 2013 Revisi di Masa Pandemi pada SMK IBS Tathmainul Quluub. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 118–126.

Budhi, W., Wulandari, N. I., & Wijayanti, A. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Kemampuan Berkomunikasi Siswa. Jurnal Pijar MIPA, 13(1), 51.

Devi Suci F. IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD N 2PASURUAN KECAMATAN PENENGAHAN LAMPUNG SELATAN. Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung.

Farida, N., Hasanudin, H., & Suryadinata, N. (2019). Problem Based Learning (PBL) – Qr- Code dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 225–236.

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40.

Madyaratri, D. Y., Wardono, & Kartono. (2020). Mathematics Literacy Skill Seen from Learning Style in Discovery Learning Model with Realistic Approach Assisted by Schoology. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 11(1).

Malmia, W., Makatita, S. H., Lisaholit, S., Azwan, A., Magfirah, I., Tinggapi, H., & Umanailo, M. C. B. (2019). Problem-Based Learning as An Effort to Improve Student Learning Outcomes. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(9), 1140–1143.

Morelent, Y. (2015). PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM 2013 TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 05 PERCOBAAN PINTU KABUN BUKITTINGGI. Jurnal Gramatika:Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol 1,No 2.

Nevi N., Darmansyah (2022). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KURIKULUM MERDEKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiyah PGSD FKIP Universitas Mandiri. https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/446

Ningsih, P. R., Hidayat, A., & Kusairi, S. (2018). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas III. Jurnal Pendidikan, 3(12), 1587–1593.

Prof. Dr. H.E.Mulyasa, M.Pd. Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Edited by Lia Inarotut Darojah. Cetakan pe. Jakarta: PT Bumi Akasara, 2020.

Permatasari, B. D., Gunarhadi, & Riyadi. (2019). The Influence of Problem Based Learning towards Social Science Learning Outcomes Viewed from Learning Interest. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(1), 39–46.

Rahayu, Y. M. (2016). PENGARUH PERUBAHAN KURIKULUM 2013 TERHADAP PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK. JURNAL LOGIKA, Vol XVIII,No 3.

Sumitro, A. H., Setyosari, P., & Sumarmi. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1188–1195.

Supartin, Amin. Analysis of Supporting and Inhibiting Factors of Students' Critical Thinking Ability at Islamic Elementary School. Jenius: Journal of Education Policy and Elementary Education Issues.

Syamsurizal, Rusdi, M dan Sastrawati, E. (2011). Problem Based Learning, Strategi Metakognisi, dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Jurnal Tekno-Pedagogi Volume 1 Nomor 2, 2 September 2011 halaman 1-14. ISSN 2068-205X.

Taufik. (2012). Implementasi Pembelajaran Problem Based Learning di Program Studi Pendidikan Biologi PMIPA Universitas Jambi. Jurnal BIDIK Volume 1 Nomor 1, 1 Desember 2012 halaman 16-21.

Downloads

Abstract View: 309,

Published

2024-03-02