UPAYA GURU DALAM MENGATASI MASALAH ADANYA KELAS SOSIAL YANG TERJADI DI SDN KEDUNGWARU KIDUL 01 KECAMATAN KARANGANYAR KOTA DEMAK
DOI:
https://doi.org/10.56997/pgmi.v2i1.1245Keywords:
Kelas Sosial, Diskriminasi, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan diskriminasi kelas sosial di lingkungan lembaga pendidikan yang terjadi di SDN Kedungwaru kidul 01. penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara sebagai gambaran umum dalam hasil penelitian.Perbedaan kelas sosial seringkali menimbulkan terjadinya masalah. Tak hanya dilingkup masyarakat, perbedaan kelas sosial ini juga bisa masuk ke ruang lingkup sekolah. Perbedaan kelas sosial ini sudah tentu tidak sesuai dengan nilai-nilai pancasila.salah satu contoh adalah Perbedaan kelas sosial yang terjadi antar siswa di SDN Kedungwaru Kidul 1menimbulkan masalah yang harus segera ditangani. Disinilah peran guru dibutuhkan untuk bisa mengatasi permasalahan ini sebelum nantinya hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Salah satu upaya yang dilakukan oleh guru sdn kedungwaru untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memberi nasehat terkait nilai-nilai pancasila dan juga menyatukan kembali perbedaan yang ada dengan saling menghargai satu sama lain sehingga akan tercipta kegiatan belajar mengajar yang efektif dan menyenangkan
References
Fatah Arifudin. (2013). Konsep Pendidikan yang Memerdekakan Siswa Menurut Ki Hajar Dewantara.
https://core.ac.uk/download/pdf/353678276.pdf
Kopi Pacar Hitam Lampung. Jurnal Riset Akuntansi Dan Manajemen, 8(1), 1–9.
Mariani Shosana Giantara, & Santoso, J. (2014). Pengaruh Budaya, Sub Budaya, Kelas
Munadlir, A. (2016). Strategi sekolah dalam pendidikan multikultural. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 2(2),
Sosial Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen Di Coffeshop Kedai
Sosial, Dan Persepsi Kualitas Terhadap Perilaku Keputusan Pembelian Kue
Tradisional Oleh Mahasiswa Di Surabaya. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 2(1), 111–126.
Tranto, T. D. (2018). Kelas sosial dan perempuan generasi z di surabaya dalam membuat keputusan setelah lulus sekolah menengah atas. Jurnal Komunikasi Profesional, 2(1).
Wuryanti, L., & Zahara, Y. (2019). Pengaruh Gaya Hidup, Konsep Diri, Harga Dan Kelas
Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. M. (2020). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF, KUANTITATIF, ACTION RESEARCH, RESEARCH AND DEVELOPMENT (R n D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.
Downloads


Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ditha Ditha Hayuning Prabandari, saadatun munaviah, alfi shofia, fairus aldi, fikri mfan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal PGMI : Jurnap Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah CC-BY or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.