SELF CONFIDENCE BERBASIS EKSTRAKURIKULER PRAMUKA
DOI:
https://doi.org/10.56997/pgmi.v1i2.1015Keywords:
Self Confidence, Ekstrakurikuler Pramuka, MI Islamiyah DawuAbstract
Abstrak : Self Confidence berbasis ekstrakurikuler pramuka di MI Islamiyah Dawu ini sangat penting bagi siswa dalam melatih rasa percaya dirinya. Pembiasaan penerapan sikap self confidence membuat anak menjadi semakin berani, aktif, lebih percaya diri saat tampil di tempat forum bahkan diluar forum seperti di dalam lingkungan sekolah bahkan di masyarakat. Jurnal ini membahas tentang self confidence berbasis ekstrakurikuler pramuka di MI Islamiyah dawu yang memiliki rumusan masalah, yaitu: (1) Bagaimana ekstrakurikuler pramuka di MI Islamiyah Dawu? (2) Bagaimana self confidence MI Islamiyah Dawu? (3) Bagaimana self confidence berbasis ekstrakurikuler pramuka di MI Islamiyah Dawu?. Jurnal ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa, kegiatan pramuka yang berjalan dengan lancar di sekolahan MI Islamiyah Dawu, dengan sebuah dukungan dari orang tua, komitmen Pembina pramukaPerbedaan sikap percaya diri anak yang sebelumnya belum mengikuti ekstrakurikuler pramuka dengan siswa yang telah mengikuti ekstrapramuka sangat terlihat dan sudah terbukti dari beberapa siswa yang dulunya masih malu-malu dalam mengikuti sebuah kegiatan perlombaan dan sekarang sudah merasa percaya diri.
Kata Kunci: Self Confidence, Ekstrakurikuler Pramuka, MI Islamiyah Dawu
References
AD / ART. Keputusan Musyawarah Nasional X Pramuka. Jakarta: Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. 2019.
Elfiky Ibrahim. Terapi Berfikir Positif. Zaman: Jakarta. 2009.
Fitroh Fadjryana Siti. Pendidikan Anak Dalam Keluarga. Malang. 2022.
Fitroh Fadjyana Siti. Oktavianingsih Eka. Karim Busyroh Muhammad. Mengelola Sosial Emosional Anak Usia Dini di Masa Darurat. Malang . 2018.
Kuersus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar, Kwarti Nasional – Gerakan Pramuka. 2011
LEXY J. Moleong. Metologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. 2016.
Mahargiyanti Hening Ajeng Meilia, Pengembangan Bakat Dan Minat Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Pada Siswa MTs Muhammadiyah 07 Prubalingga Di Kejobong. Skripsi IAIN Purwokerto. Prubalingga. 2017.
Muhammad Busyro Karim. Siti Fadjryana Fitroh. Eka Oktavianingsih. Mengelola Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Masa Darurat. (Malang: Literasi Nusantara 2020). hlm 25.
Musribawati. Perbedaan Rasa Percaya Diri Murid Yang Mengikuti Dan Tidak Mengikuti Kegiatan Pramuka Disekolah Dasar Negeri 021 Indrapuri Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Skripsi Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau. Pekanbaru. 2012.
Rafiqa Ilma Meinina, Pengembangan Sikap Percaya Diri Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Madrasah Ibtidaiyah 6 Tahun Tambakromo Blitar.Skripsi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Malang. 2020.
Sari Maulida Evi. Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler (Muhadharah) Dalam Meningkatkan Percaya Diri (Self Confidence) Siswa. Skripsi Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) . Jakarta. 2019.
Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Bandung. Alfabeta. 2017.
Utami Munandar. Mengembangkan Bakat Dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia
Downloads


Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hanifah Hikmawati, Rizki Windi Rahayu, Dewi Susilo Reni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal PGMI : Jurnap Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah CC-BY or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.