MEMBANGUN HUBUNGAN YANG BAIK ANTARA GURU DAN SISWA

Penulis

  • Ani Kurniawati Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Basuki Basuki Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.56997/kurikula.v7i2.812

Kata Kunci:

Education, Teachers, Students, Good Relations

Abstrak

Dalam proses pembelajaran guru dan siswa memiliki peranan yang sangat penting, karena berhasil atau tidaknya suatu tujuan pendidikan ditentukan oleh peran keduanya. Jika guru dan siswa mengetahui serta menjalankan perannya dengan baik tentunya tidak ada kesulitan untuk mencapai tujuan pendidikan. Penulisan karya ilmiah ini menggunakan metode kepustakaan dengan mengumpulkan beberapa buku, jurnal, artikel dan beberapa yang berkaitan untuk dijadikan bahan rujukan. Sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis konten. Penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut : 1) pentingnya membangun hubungan yang baik antara guru dan siswa agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik, 2) beberapa upaya yang harus dilakukan oleh guru untuk mewujudkan hubungan yang baik tersebut dengan memahami kemampuan siswa, menghargai pendapat dan saran siswa, membangun kerja sama yang baik antar siswa dan juga adil dalam memperlakukan siswa.

 

Referensi

Ali bin Abdul Aziz Al-Rajhi. (1429). Daur Mu’allim At-Tarbiyah Al-Islamiyyah fii Tarbiyati Thulab. Qosmun Tarbiyah Al-Islamiyyah.

Amaliah, R. F., & Sudana, D. (2021). Menyelidiki Hubungan Guru-Siswa dan Bagaimana Korelasinya dengan Performa Menulis Siswa selama Pembelajaran Online. Jurnal Penelitian Pendidikan, 21(2), 142–155. https://doi.org/10.17509/jpp.v21i2.37412

Arifin, Z. (2021). PERAN GURU DI SEKOLAH DAN MASYARAKAT. Studia Religia : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 5(1), Article 1. http://dx.doi.org/10.30651/sr.v5i1.8997

Dewi, R. K. (2021). Analisis Karakteristik Siswa Untuk Mencapai Pembelajaran yang Bermakna. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.31537/ej.v5i2.525

Dian Rahadian. (2019). Peran Dan Kedudukan Guru Dalam Masyarakat. Jurnal Pendidikan Dan Informasi, 27.

Fatchul Mu’in. (2011). Pendidian Karakter: Konstruksi Teoretik dan Praktik. Ar-Ruzz Media.

Istighfarotur Rahmaniyah. (2010). Etika Pendidikan. Aditya Media.

Kasus Guru Pukul Murid di Sawah Besar, Polisi Segera Gelar Perkara—Metro Tempo.co. (n.d.). Retrieved January 5, 2023, from https://metro.tempo.co/read/1625556/kasus-guru-pukul-murid-di-sawah-besar-polisi-segera-gelar-perkara

Media, K. C. (2022, November 16). Guru SD yang Lecehkan Murid di Bekasi Dipecat Halaman all. KOMPAS.com. https://megapolitan.kompas.com/read/2022/11/16/12200341/guru-sd-yang-lecehkan-murid-di-bekasi-dipecat

Minsih, M., & D, A. G. (2018). PERAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS. Profesi Pendidikan Dasar, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.6144

Muhammad Uzer Usman. (2002). Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakarya.

Nurjanah, I. (2018). PARADIGMA HUMANISME RELIGIUS PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Atas Pemikiran Abdurrahman Mas’ud). MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 155. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.155

Roestiyah NK. (2001). Masalah-masalah Ilmu Keguruan (IV). Bina Aksara.

Saat, S. (2014). Guru: Status Dan Kedudukannya Di Sekolah Dan Dalam Masyarakat. 1(1).

Sadirman AM. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Pedoman Bagi Guru dan Calon Guru. Rajawali Press.

Saifuddin Azmar. (2009). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.

Sanjani, M. A. (2020). TUGAS DAN PERANAN GURU DALAM PROSES PENINGKATAN BELAJAR MENGAJAR. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 35–42. https://doi.org/10.37755/sjip.v6i1.287

Siti Murtiningsih. (2004). Pendidikan Alat Perlawanan: Teori Pendidikan Radikal Paulo Freire. RESIST Book.

Sopian, A. (2016). TUGAS, PERAN, DAN FUNGSI GURU DALAM PENDIDIKAN. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97. https://doi.org/10.48094/raudhah.v1i1.10

Sugiyono. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Sujana, I. W. C. (2019). FUNGSI DAN TUJUAN PENDIDIKAN INDONESIA. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Suwardi Endraswara. (2011). Metodologi Penelitian Sastra. Tim Redaksi CAPS.

Zed Mestika. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Bogor Indonesia.

##submission.downloads##

Abstrak View: 3665,

Diterbitkan

2023-03-22