PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA KELAS IV SDN 110 PINRANG
DOI:
https://doi.org/10.56997/kurikula.v10i1.2031Kata Kunci:
Model pembelajaran think pair share, Keterampilan BerbicaraAbstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kualitas proses pembelajaran dan keterampilan berbicara peserta didik kelas IV UPT SD Negeri 110 Pinrang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap bagaimana penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan keterampilan berbicara peserta didik di kelas IV UPT SD Negeri 110 Pinrang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian terdiri dari 1 guru dan 18 peserta didik kelas IV UPT SD Negeri 110 Pinrang. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan metode kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I dan II, aktivitas pembelajaran guru berada
pada kategori baik (B). Sementara itu, aktivitas siswa yang pada siklus I berada dalam kategori cukup (C), meningkat pada siklus II menjadi kategori baik (B). Peningkatan proses pembelajaran ini diikuti dengan peningkatan keterampilan berbicara peserta didik. Berdasarkan tabel skor pada siklus I, terdapat
12 peserta didik yang mencapai skor keberhasilan keterampilan berbicara atau >76. Sehingga Keterampilan berbicara peserta didik pada siklus I mencapai kualifikasi cukup (C) dengan presentase 66%. Berdasarkan tabel skor pada siklus II, terdapat 15 peserta didik yang mencapai skor keberhasilan keterampilan berbicara atau >76 dengan presentase 83%. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share efektif dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan keterampilan berbicara peserta didik kelas IV UPT SD Negeri 110 Pinrang.
Referensi
Anjelina, N., & Tarmini, W. (2022). Kemampuan Bebicara Murid Sekolah Dasar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7327–7333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3495
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Medan, Restu Printing Indonesia, hal.57, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.
Marzuqi. (2019). Pengajaran dan Latihan Profesi Pengajar(PLPG) Mapel Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia.
Muhammad, H. H. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada materi Himpunan pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 kota Ternate. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 7(2), 122. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/download/665/446/.
Muthmainnah, F. (2018). Penigkatan Kemampuan Berbicara Menggunakan Model Tps Pada Mrid Kelas Iv Sdn Lempyangan 1. Jurnal Pengajaran Pengajar Sekolah Dasar, 333–344.
Muyana, S. dan Widyastuti. (2021). Bibingan Klasikal "Think Pair Share"(Upaya Meningkatkan Self Control Rmaja dalam Pengunaan Gadget).
Nurulanningsih. (2023). Penelitian Pelaksanaan Kelas sebagai Pengembangan Profesional bagi Pengajar Bahasa Indonesia. Didactique Bahasa Indonesia, 4(1), 50–61. Diambil dari https://online-journlunja.ac.id/JKAM/artice/view/13805.
Ramadhan, A., & Nadhira, A. (2022). Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran Dengan Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Sesuai Dengan Kurikulum Tahun 2013 Di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Medan. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 121–128. https://doi.org/10.37755/sjip.v8i1.632
Ubabuddin. (2019). Hakikat Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. IAIS Sambas, 1(1), 18–27.
Waqiah, Nur Fatinah, Rohana, (2023). Penerpan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Shre Untuk Meningkatkan Kemapuan Berbicara Murid Sekolah Dasar di Kabuaten Gowa. Pinisi: Journal of Education, 3(5), 185.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nur Ilmi, Ika Muksin, Yulia

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Based on a work at http://iaingawi.ac.id/ejournal/index.php/kurikula/.








