IMPLEMENTASI MODEL MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 3 PONTIANAK
Pembelajaran Sejarah, Model Mind Mapping
DOI:
https://doi.org/10.56997/kurikula.v9i2.1884Kata Kunci:
Pembelajaran Sejarah, Model Mind MappingAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model mind mapping dalam pembelajaran sejarah oleh siswa kelas X di SMA Negeri 3 Pontianak. Jenis penelitian yang diusulkan untuk dilakukan dalam penelitian ini termasuk dalam kategori deskriptif kualitatif. Guru sejarah, peserta didik kelas X, dan perwakilan dari kurikulum merupakan contoh informan yang mungkin dalam penelitian ini.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini terungkap bahwa: Pertama, melalui RPP Sejarah, penyusunan yang dilakukan guru meliputi penyusunan alat peraga berupa modul, bahan ajar, dan substansi pelajaran. Kedua, kegiatan pembelajaran sejarah terdiri dari tiga komponen yaitu pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Kegiatan pembelajaran sejarah melalui model mind mapping belum terlaksana secara optimal. Hal ini dikarenakan pendekatan tersebut tidak sesuai dengan modul pembelajaran yang telah disiapkan sebelumnya oleh guru. Penilaian pembelajaran sejarah terdiri dari penilaian pengetahuan dan keterampilan, sedangkan penilaian sikap berupa daftar hadir siswa yang telah ditetapkan.
Referensi
Amalia, N. R., Stu$di, P., Se$jarah, P., Sosial, J. P. I., Ke$gu$ru$an, F., Ilmu$, D. A. N., & Tanju$ngpu$ra, P. U$. (2021). Pe$mbe$lajaran Pada Mata Pe$lajaran Se$jarah Ke$las Xi Sman 2 Pontianak Le$mbar Pe$rse$tu$ju$an Analisis Pe$nggu$naan Mode$l-Mode$l Pe$mbe$lajaran Pada Mata Pe$lajaran Se$jarah Ke$las Xi Sman 2.
Arifin, Z. (2009). E$valu$asi Pe$mbe$lajaran. Bandu$ng: PT. Re$maja Rodsakarya.
Ariku$nto, Su$harsimi, 2014. Prose$du$r Pe$ne$litian Su$atu$ Pe$nde$katan Praktik. Jakarta : Rine$ka Cipta.
Agu$ng, L. & Sri Wahyu$ni (2019). Pe$re$ncanaan Pe$mbe$lajaran Se$jarah Yogyakarta: Pe$ne$rbit Ombak
Hikmawati, N. (2020). MIND MAPPING DALAM PE$MBE$LAJARAN IPA SE$KOLAH DASAR ( Stu$di Me$ta-Sinte$sis ). 08, 303–326.
Hanafy, S., & Tarbiyah. (2014). Konse$p be$lajar dan pe$mbe$lajaran. 17(1), 66–79.
Mu$lyasa. (2009). Imple$me$ntasi Ku$riku$lu$m Tingkat Satu$an Pe$ndidikan Ke$mandirian Gu$ru$ dan Ke$pala Se$kolah. Jakarta: PT. Bu$mi Aksara.
Mu$liana, Sadriani, A., & Adminira, Z. (2023). Asse$sme$nt Ku$riku$lu$m Me$rde$ka Be$lajar di Se$kolah Me$ne$ngah Atas. Ju$rnal Ilmiah Wahana Pe$ndidikan, 2023(6), 749–755. https://doi.org/10.5281/ze$nodo.7815980
Ru$sman. (2014). Mode$l-mode$l Pe$mbe$lajaran Me$nge$mbangkan Profe$sionalisme$ Gu$ru$. Jakarta: PT. RajaGrafindo Pe$rsada.
Ratnawu$lan & Ru$sdiana. (2015). E$valu$asi pe$mbe$lajaran. De$pok: PT. RajaGrafindo Pe$rsada.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Purnama Dewi, Andang Firmansyah, Haris Firmansyah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Based on a work at http://iaingawi.ac.id/ejournal/index.php/kurikula/.








