PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 6 MAKASSAR
Kata Kunci:
kompetensi pedagogik, hasil belajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk, menganalisis pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa program keahlian akuntansi di SMK Negeri 6 Makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah kompetensi pedagogik guru sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa program keahlian akuntansi SMK Negeri 6 Makassar. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionated stratified random sampling, sampel dari populasi diperoleh dari seluruh jumlah populasi dengan sampel sebanyak 71 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase, uji instrumen dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh kompetensi pedagogik guru Y = 59,055 + 0,325X yang berarti tiap penambahan satu nilai kompetensi pedagogik guru, maka hasil belajar mengalami peningkatan 0,325 satuan. Sedangkan hasil analisis korelasi product moment diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,582 dan bernilai positif berada pada interval 0,400-0,599 yang berada pada kategori sedang yang berarti pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar sedang. Hasil analisis koefisien determinasi (r2) diperoleh nilai (r2) = 0,339 atau 33,9% yang berarti kompetensi pedagogik guru memiliki kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 33,9 persen dan sisanya 66,1 persen dipengaruhi oleh faktor lain. Sementara hasil uji-t diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti kompetensi pedagogik guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar, dengan demikian hipotesis “diterima”.
Referensi
Arikunto, S. (2010). Metodologi Penelitian: Pendekatan yang Berguna.. Jakarta: Rineka Cipta.
_______, S. (2018). Metodologi Penelitian: Pendekatan yang Berguna.. Jakarta: Rineka Cipta.
Hardiana, T. (2022). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Hasil Belajar Siswa pada
Mata Pelajaran IPS Kelas X di SMK Muhammadiyah Pontianak. Jurnal Pendidikan dan
Pembelajaran. 2(9), http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i9.3125. 2023. 03.
Sadiman. (2018). Menjadi Guru Super. Jakarta: Bumi Aksara
Sulandari, G. P. & Megayanti, W. (2022). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Hasil
Belajar Peserta Didik Kelas X Mata Pelajaran Akuntansi Dasar di SMK Islam Wijaya
Kusama. Jurnal Education, 4(2), 517-521.
https://www.researchgate.net/publication/364146230_Pengaruh_Kompetensi_Pedagog
ik_Guru_terhadap_Hasil_Belajar_Peserta_Didik_Kelas_X_Mata_Pelajaran_Akuntans
i_Dasar_di_SMK_Islam_Wijaya_Kusuma. doi.10.37010/lit.v4i2.843. 2023. 03.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Nirmawati Nirmawati, Muhammad Azis, Hariany Idris

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Based on a work at http://iaingawi.ac.id/ejournal/index.php/kurikula/.








