Manajemen Bidang Pendidikan Bagi Siswa Gifted di MAN 4 Ngawi
DOI:
https://doi.org/10.56997/kurikula.v5i2.524Keywords:
Pendidikan dan siswa GiftedAbstract
Kelas Khusus Bidang studi ini dibentuk dalam meningkatkan
pendidikan Siswa Gifted. Oleh sebab itu dari berbagai
pertimbangan sasarannya adalah kelas XI, karena guru telah
mengetahui kemampuan atau prestasi siswa yang di identifikasi
berbakat sejak mereka duduk di kelas X. Meskipun demikian,
tidak semua siswa kelas XI dapat bergabung dalam Kelas
Khusus Bidang Studi tersebut. Yang bergabung dalam Kelas
Khusus Bidang Studi tersebut adalah terdiri dari siswa kelas XI
Jurusan IPA dan IPS dan sebagian besar siswa mendapat
peringkat 1 samapi 10 di dalam kelasnya. Siswa tersebut di
dalam kelas tergolong siswa yang cerdas, trampil, dan aktif.
Pada kelas XI Otomotif tidak bisa bergabung dalam Kelas
Khusus Bidang Studi tersebut dikarenakan mereka telah
disibukkan dengan adanya praktek-praktek di luar jam
pelajaran. Sedangkan kelas X masih terlalu dini karena baru
masuk di MAN 4 Ngrambe Ngawi, jadi guru belum bisa
mengidentifikasi kemampuan atau prestasi anak. Sedangkan
kelas XII tidak bisa bergabung dalam Kelas Khusus Bidang
Studi tersebut karena persiapan untuk Ujian. Proses penilaian
atau evaluasi yang dilakukan di MAN 4 Ngrambe Ngawi
terhadap siswa berbakat adalah sebagai upaya untuk
mengetahui sejauhmana program-program sekolah yang telah
direncanakan. Di samping itu evaluasi program tersebut juga
dalam rangka mendapatkan masukan, Rentetan pelaksanaan
serta hasil yang ada di Madrasah tersebut. Berdasarkan hasil
penelitian Manajemen Bidang Pendidikan bagi Siswa Gifted di
MAN 4 Ngawi meliputi perencanaan kesiswaan, perencanaan kurikulum, perencanaan tenaga pengajar, serta perencanaan sarana dan prasarana
References
Jalaludin, 2001, Teologi Pendidikan, Jakarta, PT Raja
Grafindo Persada
Prof.Dr.H Rama Yulis, 2013, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta,
Kalamulia
Sri Esti Wuryani D, 2004, Psikologi Pendidikan, Jakarta,
Grasindo
Rita L Atkinson, Richard . C Alkinson, 1996, Pengantar
Psikologi jilid 2, Jakarta, Airlangga
Lester D.Crow.Ph.D, Alice Crow, Ph.D, 1997, Educational
Psikologi Psychology, Buku Kedua (Terjemahan, Drs
Kasijan) Surabaya, Bina Ilmu
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 luluk Muasomah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Based on a work at http://iaingawi.ac.id/ejournal/index.php/kurikula/.















