Manajemen Bidang Pendidikan Bagi Siswa Gifted di MAN 4 Ngawi

Authors

  • luluk Muasomah Institut Agama Islam Ngawi

Keywords:

Pendidikan dan siswa Gifted

Abstract

Kelas Khusus Bidang studi ini dibentuk dalam meningkatkan
pendidikan Siswa Gifted. Oleh sebab itu dari berbagai
pertimbangan sasarannya adalah kelas XI, karena guru telah
mengetahui kemampuan atau prestasi siswa yang di identifikasi
berbakat sejak mereka duduk di kelas X. Meskipun demikian,
tidak semua siswa kelas XI dapat bergabung dalam Kelas
Khusus Bidang Studi tersebut. Yang bergabung dalam Kelas
Khusus Bidang Studi tersebut adalah terdiri dari siswa kelas XI
Jurusan IPA dan IPS dan sebagian besar siswa mendapat
peringkat 1 samapi 10 di dalam kelasnya. Siswa tersebut di
dalam kelas tergolong siswa yang cerdas, trampil, dan aktif.
Pada kelas XI Otomotif tidak bisa bergabung dalam Kelas
Khusus Bidang Studi tersebut dikarenakan mereka telah
disibukkan dengan adanya praktek-praktek di luar jam
pelajaran. Sedangkan kelas X masih terlalu dini karena baru
masuk di MAN 4 Ngrambe Ngawi, jadi guru belum bisa
mengidentifikasi kemampuan atau prestasi anak. Sedangkan
kelas XII tidak bisa bergabung dalam Kelas Khusus Bidang
Studi tersebut karena persiapan untuk Ujian. Proses penilaian
atau evaluasi yang dilakukan di MAN 4 Ngrambe Ngawi
terhadap siswa berbakat adalah sebagai upaya untuk
mengetahui sejauhmana program-program sekolah yang telah
direncanakan. Di samping itu evaluasi program tersebut juga
dalam rangka mendapatkan masukan, Rentetan pelaksanaan
serta hasil yang ada di Madrasah tersebut. Berdasarkan hasil
penelitian Manajemen Bidang Pendidikan bagi Siswa Gifted di
MAN 4 Ngawi meliputi perencanaan kesiswaan, perencanaan kurikulum, perencanaan tenaga pengajar, serta perencanaan sarana dan prasarana

References

Jalaludin, 2001, Teologi Pendidikan, Jakarta, PT Raja

Grafindo Persada

Prof.Dr.H Rama Yulis, 2013, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta,

Kalamulia

Sri Esti Wuryani D, 2004, Psikologi Pendidikan, Jakarta,

Grasindo

Rita L Atkinson, Richard . C Alkinson, 1996, Pengantar

Psikologi jilid 2, Jakarta, Airlangga

Lester D.Crow.Ph.D, Alice Crow, Ph.D, 1997, Educational

Psikologi Psychology, Buku Kedua (Terjemahan, Drs

Kasijan) Surabaya, Bina Ilmu

Downloads

Abstract View: 67,

Published

2021-09-18

Issue

Section

Articles