KONTRIBUSI PESANTREN AL-MUJADDADIYYAH DALAM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DESA DEMANGAN KECAMATAN TAMAN KOTA MADIUN

Authors

  • zuhdi syukron institut Agama Islam Ngawi

DOI:

https://doi.org/10.56997/kurikula.v5i2.511

Keywords:

Pesantren, Pengembangan Suber Daya Manusia (SDM)

Abstract

Pesantren merupakan lembaga pendidikan asli Indonesia. Seiring dengan perkembangan zaman, pendidikan pesantren seharusnya menyesuaikan dengan kebutuhan proses perubahan sosial. Sehingga memberikan kepercayaan kepada masyarakat, bahwa pendidikan yang ada dalam pesantren tersebut benar-benar sebagai media pengkaderan pemikir-pemikir agama, serta mampu mencetak dan mengembangkan sumber daya manusia (SDM). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pendidikan Pesantren Al-Mujaddadiyyah? (2) Bagaimana pengembangan sumber daya manusia dan hasilnya di Pondok Pesantren Al-Mujaddadiyyah? (3) Apa faktor-faktor pendukung dan penghambat pengembangan sumber daya manusia di Pondok Pesantren Al-Mujaddadiyyah? Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan mengguanakan pendekatan kualitatif. Metode wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Analisis datanya adalah menggunakan reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa : (a) Pendidikan di Pesantren Al-Mujaddadiyyah sudah adanya keseimbangan antara pendidikan umum formal yaitu MTs Al-Mujaddadiyyah, MA Al-Mujaddadiyyah, SMK Kimia Al-Mujaddadiyyah  dan pendidikan agama yaitu Pondok Pesantren Al-Mujaddadiyyah. (b) Pengembangan sumber daya manusia di Pesantren Al-Mujaddadiyyah yaitu melalui pendidikan skill  santri seperti dalam kegiatan pertanian, peternakan dan home industry. Hasilnya dari pengembangan sumber daya manusia dapat meningkatkan kemampuan soft skill santri dan melatih santri terampil dalam bekerja serta menambah kebutuhan finansial.  (c) Faktor pendukung pengembangan sumber daya manusia di Pondok Pesantren Al-Mujaddadiyyah terlaksana atas dukungan kebijakan Kyai dibantu para Ustadz, sarana dan prasarana yang memadai serta lingkungan masyarakat yang nyaman. Sedangkan faktor penghambatnya adalah santri yang belum trampil, alokasi waktu yang kurang dan manajemen yang belum maksimal.

References

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Arif, Mahmud. Pendidikan Islam Transformatif. Yogyakarta: LKIS Pelangi Aksara, 2008.

Hasbullah, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1996.

Khozin, Wakhid. et al. Pendidikan Kewargaan Pada Komunitas Pesantren. Jakarta: CV. Prasasti, 2007.

Lukens-Bull, Ronald Alan. Jihad Ala Pesantren Dimata Antropologi Amerika. Yogyakarta: PT. Gama Media, 2004.

M, Abd. Muin. et al., Pengembangan Ekonomi Pondok Pesantren, Jakarta: CV. Prasasti, 2007.

Maleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2000.

Mangkunegara, Anwar Prabu. Perencanaan dan Pengemangan SDM. Bandung: PT Refika Asditama, 2003.

Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2008.

Nahrawi, Amiruddin. Pembaharuan Pendidikan Pesantren. Yogyakarta: Gama Media, 2008.

Ndraha, Taliziduhu. Pengantar Teori Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Rineka Cipta, 1999.

Notoatmodjo, Soekidjo. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Rineka Cipta, 1998.

Nurhayati, Anin. Inovasi Kurikulum Telaah Terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan Pesantren. Yogyakarta: Teras, 2010.

Panggabean, Mutiara Sibarani. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bogor: Ghalia Indonesia, 2004.

Rosidah, Ambar T.Sulistiyani. Manajemen SDM: Konsep, Teori dan Pengembangan dalam Konteks Organisasi Publik (Yogyakarta: Graha Ilmu 2003.

Sugiyono. Metodologi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan RD. Bandung: Alfabeta, 2006.

Tuanaya, Malik M. Thaha. et al. Medernisasi Pesantren. Jakarta: Balai Pelatihan dan Pengembangan Agama Jakarta, 2007.

Yasmadi. Modernisasi Pesantren Kritik Nurcholish Madjid terhadap Pendidikan Islam Tradisional. Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Downloads

Abstract View: 185,

Published

2021-03-18