IMPLEMENTASI RME TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN melalui biskuit pecahan

Authors

  • zidny nor hidayah Universitas Islam Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.56997/pgmi.v1i2.894

Keywords:

Pecahan; RME; Media Konkrit

Abstract

Materi pecahan merupakan salah satu materi yang diajarkan di tingkat Sekolah Dasar. Berbeda dengan sekedar penjumlahan, pengurangan, pembagian atau perkalian; pecahan memiliki karakteristik tersendiri. Maka dari itu, pemahaman untuk materi pecahan sedikit lebih sulit daripada materi tersebut. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut pada artikel ini akan dibahas mengenai model pembelajaran yang dapat diimplikasikan pada materi pecahan tingkat Sekolah Dasar. Penelitian pada artikel ini menggunakan metode kualitatif teks yang sumbernya berasal dari kajian literatur pustaka dari artikel-artikel dan jurnal terdahulu terkait permasalahan tersebut. Adapun model pembelajaran yang dimaksud adalah RME (Realistic Mathematics Education). RME dinilai cocok digunakan untuk materi pecahan karena mengaplikasikan benda konkrit sebagai fokus utama pembelajaran. Sehingga siswa dapat memahami konsep yang dimaksud melalui media konkrit yang disediakan. Adapun benda konkrit yang dipilih pada pembahasan artikel ini adalah “Biskuit Pecahan”. Dari serangkaian analisis yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa model pembelajaran RME dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai konsep pecahan dan kaitannya.

References

Baharuddin, M. R., & Jumarniati, J. (2018). Pola Interaksi Belajar Matematika Siswa Berkemampuan Awal Rendah dalam Pembelajaran Berbasis Proyek. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 149–156. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i2.316

Didik, P., Viii, K., & Negeri, S. M. P. (n.d.). Penerapan Pendekatan Realistics Mathematics Education dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. 1–9.

Julie, H., Suwarsono, S., & Juniati, D. (2014). Understanding profile from the philosophy, principles, and characteristics of RME. Journal on Mathematics Education, 5(2), 148–159. https://doi.org/10.22342/jme.5.2.1499.148-159

Ningsih, S. (2014). Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 74–93. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.97

Rahman, A. A. (2017). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education ( Rme ) Pada Materi Statistika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Prestasi Belajar Siswa. Genta Mulia, 8(2), 1–12.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. In AR-RUZZ MEDIA (Issue Yogyakarta).

Ananda, R. (2018). Penerapan pendekatan realistics mathematics education (RME) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 125-133.

Soraya, F., Yurniwati, U. C., & Cahyana, U. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Matematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pokok Bahasan Pecahan Pada Siswa Kelas IV SDN Rawajati 06 Pagi. Universitas Ahmad Dahlan.

Sari, A., & Yuniati, S. (2018). Penerapan pendekatan realistic mathematics education (RME) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 71-80.

Warsito, W., Nuraini, Y., & Sukirwan, S. (2019). Desain pembelajaran pecahan melalui pendekatan realistik di kelas V. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 25-36.

Baharuddin, M. R. (2020). Konsep Pecahan dan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(3), 486-492.

Primasari, I. F. N. D., Zulela, Z., & Fahrurrozi, F. (2021). Model Mathematics Realistic Education (RME) Pada Materi Pecahan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1888-1899.

Purnama, S. J., & Pramudiani, P. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Google Slide pada materi pecahan sederhana di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2440-2448.

Muhsetyo, G. (2015). Pembelajaran Matematika SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Tumijan, P. (2020). Pintar Matematika SD/MI Kls 5 Kurikulum 2013 Revisi 2016. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Dwi Santi, D., Kusuma Dewi, I., dkk. (2022). Komik Etnomatematika: Bermain Sambil Belajar Pecahan. CV Media Sains Indonesia: Bandung, Jawa Barat. Hlm, 19.

Downloads

Abstract View: 68,

Published

2023-07-29