BEST PARACTICE PEMBELAJARAN DARING DI MADRASAH IBTIDAIYAH PADA MASA PANDEMI COVID 19

Authors

  • Al DARMONO Institut Agama Islam Ngawi

DOI:

https://doi.org/10.56997/kurikula.v5i1.465

Keywords:

pembelajaran, daring, MI, pandemi, covid 19

Abstract

Pembelajaran daring di MI pada masa pandemi covid 19 sangat berdampak pada sektor pendidikan yang memaksa guru dan siswa harus bekerja dan belajar dari rumah. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilakukan secara virtual dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi serta jaringan internet. Pembelajaran daring di MI menggunakan berbagai perangkat seperti smartphone, android, laptop, komputer, dan sebagainya. Sementara saluran/platform yang digunakan seperti WhatsAap, SMS, Google meet, Google Classroom, Zoom meeting. Dalam pelaksanannya pembelajaran daring di MI dilakukan dengan melibatkan peran orang tua. Orang tua di rumah harus meluangkan waktu ditengah kesibukannya untuk mendampingi serta membimbing putra-putrinya dalam belajar.

References

Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta, 2013.

Dewi, Wahyu Aji Fatma. Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 2 No 1 April 2020.

Dewi, Laskmi. Rancangan Program Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi: Studi Kasus Pada Mata Kuliah Kurikulum Pembelajaran Di Universitas Pendidikan Indonesia, Idutech, Vol. 16, No.2, Juni 2017.

Hadisi, L. dkk. Pengelolaan Teknologi Informasi dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran (E-Learning). Jurnal Al-Ta’dib, 8(1), 2015.

Kemdikbud, Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Nomor 109 tahun 2013

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN & RB), Nomor 50/2020 tentang Perubahan Kedua atas Surat Edaran Menteri PAN & RB Nomor 19/2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Muhammad, Hamid. Menyiapkan Pembelajaran di Masa Pandemi Tantangan dan Peluang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Naziah, Syifa Tiara dkk. Analisis Keaktifan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 Di Sekolah Dasar, JURNAL JPMI Vol.7 No. 2 Tahun 2020.

Putria, Hilna. dkk. Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Untuk Guru Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi COVID-19 Di SD N Baros Kencana CBM Sukabumi, Jurnal Basicedu Vol 4 No 4 Tahun 2020

Riyana, C. Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Universitas Terbuka. 1.29-1.30

Sadikin, Ali. dkk. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19, BIODIK: Jurnal Pendidikan Biologi, Vol. 6, No. 02, Tahun 2020

Sari, P. Memotivasi Belajar dengan Menggunakan E-Learning. Jurnal Ummul Quro, 6 (2), 2015.

Downloads

Abstract View: 243,

Published

2020-09-15