FLEXING RITUAL ISLAMI: KUNCI KEBERHASILAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) MADRASAH IBTIDAIYAH

Authors

  • Fatqu Rois IAI Ngawi

DOI:

https://doi.org/10.56997/kurikula.v9i1.1585

Keywords:

Flexing, Ritual Islami, , PPDB, Madrasah Ibtidaiyah (MI)

Abstract

PPDB merupakan hal wajib yang dilaksanakan oleh setiap madrasah. Hal ini akan sangat mempengaruhi segala kegiatan madrasah apabila tidak dilaksanakan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengungkapkan strategi kesuksesan Madrasah Ibtidaiyah dalam menggaet peserta didik baru dengan flexing ritual agama Islam. 2) kelebihan dan kekurangan strategi yang dilaksanakan Madrasah Ibtidaiyah terhadap pemerolehan peserta didik baru. Metode yang digunakan ada penelitian ini adalah kualitatif deskritif dengan didukung alat pengumpul data wawancara , dokumentasi dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah 1) flexing ritual agama Islam Madrasah Ibtidaiyah An-Noor Ngawi diwujudkan dari macam-macam kegiatan ritual Islami dan berbagai pencapaian dari ajang lomba disebar luaskan melalui jalur luring, daring, proses(harian) dan insidental. 2) Kelebihan flexing ritual agama Islam adalah masyarakat luas akan tertarik menyekolahkan anaknya di Madrasah Ibtidaiyah Ibtidaiyah An-Noor Ngawi karena adanya informasi yang dikemas menarik dengan dasar kenyataan kegiatan Islami yang sudah dilaksanakan. Kekurangan dari strategi ini harus adanya perencaaan yang matang ketika salah dalam mengunggah ke media sosial dan dalam pelaksanaan kegiatan harian harus ditambahkan pengawas sehingga kegiatan Islami berjalan secara hikmat.

References

Ananda R., (2017) Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini., Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 1(1), 19-31

Andrian T., Kristianto, & Santoso M., (2022) Penerapan Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Berbasis Online:(studi kasus:SMK Cahaya Bangsa Tangerang) Scientia Sacra: Jurnal Sains, Teknologi Dan Masyarakat, 2(2), 306-315

Hadisah, R., Faaroek, SA, & Tambunan, RM (2022). Analisis Stategi Kampanye Digital SMK Satria dengan Media Sosial Instagram. Formosa Journal Applied Sciences, 1(7), 1411-1430

Hartawan, E., Liu D, Handoko, MR, Evan G., & Widjojo, H. 2021. Pengaruh Iklan di Media Sosial Instaram terhadap Minat Beli Masyarakat pada E-Commerce. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(1)

Haryadi, O. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Sekolah Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru(PPDB) Pada SMK Hasanah Kota Pekanbaru. Mejuajua: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 72-75.

Jamaludin, Saputra, D.P & Elisabeth, N (2024) Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Penerimaan Peserta Didik Baru. Jurnal of Comprehensive Science (JSC). 3(5).

Khafifah, M (2024) Implementasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Berdasarkan Sistem Zonasi Di SMA Negeri 1 Hinai. Journal Millia Islamia, 111-119.

Mansyuri, A. & Abidin AA (2023) Kontribusi Digital Branding dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Tsanawiyah di Wilayah Pantura Kabupaten Lamongan. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 4(1), 1-16

Nurhandayani, A., Syarief, R., & Najib, M. (2019) Pengaruh Influencer Media Sosial dan Citra Merek Terhadap Niat Membeli. Jurnal Aplikasi Manajemen, 17 (4), 650-661

Nurkhamidi, A. (2023). Pergeseran Persesi Masyarakat terhadap Madrasah Ibitdaiyah. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, 3(1). 81-93

Reni, DS (2023) Pendidikan Lingkungan Hidup pada Madrasah Ibtidaiyah. JCARE: Jurnal Pendampingan dan Pendidikan Anak, 2(1), 30-38

Rohman A., (2019). Dampak Psikologi Belajar Dalam pembeajaran Aktif Bagi Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman, 10(1)

Shobri, M. (2023). Implementasi Kebijakan Kepala Madrasah dalam Penaringan Peserta Didik Baru. Jurnal Peneiltian Manajemen Pendidikan, 1(2). 91-102

Sujari, S. (2022). Manajemen Kepala Sekolah dalam Melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Al-Miskawaih: Jurna Ilmu Pendidikan, 1(1), 1-26.

Wakhudin, W., Wijanarko, B., & Purbomartono, C. (2023) Memenagi Persaingan PPDB Dengan Meningkatkan Kualitas Sekolah Dan Memanfaatkan Media Sosial. Ekalaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2 (1), 158-166

Downloads

Abstract View: 88,

Published

2024-09-30