Vol. 15 No. 1 (2021): MARET
Articles

TINJAUAN HUKUM ISLAM ATAS PERAN GANDA ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN ONLINE ANAK DI MASA PANDEMI COVID-19

Suyuti Dahlan Rifa'i
UIN Sunan Kalijaga
Hijriatu Sakinah
UIN Sunan Kalijaga

Published 2021-04-01

Abstract

Abstrak

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui peran ganda yang dibebankan kepada oran tua terhadap pembelajaran online anak di masa pandemi Covid-19. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana peran ganda orang tua terhadap pembelajaran online anak di masa pandemi covid-19? dan bagaimana tinjauan hukum Islam atas peran ganda orang tua terhadap pembelajaran online anak di masa pandemi covid-19?. Dalam penulisan ini menggunakan Metode Kualitatif Deskriptif dengan pendekatan studi kasus (case study) melalui wawancara, observasi dan dokumentasi kepada orang tua yang memiliki anak usia sekolah pada jenjang pendidikan TK, SD, SMP dan SMA. Hasil dari penulisan ini adalah Pandemi Covid-19 berdampak pada sektor pendidikan mulai dari jenjang pendidikan TK, SD, SMP, SMA. Kebijakan belajar online di rumah mengharuskan orang tua berperan ganda, pertama menjadi orang tua yang mengasuh anak kedua, menjadi guru bagi pendidikan formal anak. Bagi para orang tua, hendaknya berupaya menggunakan cara-cara atau pola pendidikan anak sebagaimana yang di syariatkan dalam Al-Quran dan Sunnah.

Kata kunci:  Peran Ganda, Pembelajaran Online, Covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Agus dkkâ€. “Studi Eksploratif Dampak Pandemic Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasarâ€, Jurnal EduPsyCouns, Universitas Pelita harapan Indonesia, Vol. 2, No.1, 2020.
  3. Aji Fatma Dewi, Wahyu. “Dampak Covid Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasarâ€, Jurnal Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Setya Wacana, Vol. 2, No. 1, April 2020.
  4. Amorisa Wiratri, “Menilik Ulang Arti Kelaurga Pada Masyarakat Indoensia (Revisiting the Concept of Family in Indonesia Society)†Jurnal Kependudukan Indonesia, LIPI, Vol.13, No.1, Juni 2018.
  5. Departemen Agama RI, AL-Qur’an dan terjemahnya. Semarang: kumudasmoro Grafindo, 1994.
  6. Hafiz, Suwaid dan Muhammad Nur Abdul. Prophetic Parenting, Cara Nabi Mendidik Anak, Yogyakarta: Pro-MEDIA. 2010.
  7. https://.m.wikipedia.org/wiki/keluarga diakses 24 November 2020.
  8. https://iain-surakarta-0.ac.id/hikmah-pandemi-covid-19-bagi-pendidikan--di-indonesia/ di akses tanggal 27 November 2020
  9. https://kaltengpos.co/berita-5064 pandemi_dan_peran_ganda,_tingkat_stres_orang_tua_meningkatkan.html diakses 26 November 2020
  10. Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002.
  11. Lia Nur Atiqoh Bela Dina, “Respon Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19†Jurnal Thufuli, Universitas Islam Malang, Vol. 2, No. 5, 2020.
  12. Lilawati, Agustien. “Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi, Jurnal Obsesi, Universitas Muhammadiyah Gresik, Vol. 5, Issue 1, 2020.
  13. Mahmud, Ali Abdul Halim, Pendidikan Ruhani, Jakarta: Gema Insani, 2000.
  14. Nika Cahyanti dan Rita Kusumah, “Peran Orang Tua dalam Pembelajaran di Rumah Saat Pandemi Covid 19†Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, Vol. 04, No.1, Juni 2020). Hlm. 152-158.
  15. Nurdin dan La Ode Anhusadar, efektivitas pembelajaran online pendidikan PAUD di tengan pandemi Covid-19â€, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, IAIN Kendari, vol 5 issue 1, 2020. Hlm 695- 667.
  16. Sadiki, Ali dan Afreni Hamidah, “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19†Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, Universitas Jambi, Vol. 6 No. 2, 2020.
  17. Taubah, Mufatihatut, “Pendidikan Anak dalam Keluarga Perpektif Hukum Islamâ€, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 03, No.01, Mei 2015.
  18. Wardani, Anita dan Yulia Ayriza. “Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah pada Masa Pandemi Covid-19†Jurnal Obsesi: Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Vol. 5 Issue 1, 2021.