PENGEMBANGAN EKONOMI ISLAM BERBASIS LOCAL WISDOM: UPAYA KONVERGENSI ETIKA BISNIS ISLAM DAN TIONGHOA (Studi pada Etnis Tionghoa di Madiun Jawa Timur)
DOI:
https://doi.org/10.56997/almabsut.v10i2.127Keywords:
Konvergensi, Etika Bisnis Islam, Etika Bisnis Tionghoa.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta keberhasilan bisnis dan perdagangan pengusaha etnis Tionghoa di Indonesia khususnya di Madiun yang tergolong spektakuler. Meskipun menjadi minoritas warga keturunan, namun kiprahnya dalam dunia bisnis dan perdagangan mengungguli mayoritas warga pribumi. Fenomena keberhasilan etnis Tionghoa tidak terlepas dari budaya dan nilai-nilai tradisional yang mengakar padanya. Melihat secara jernih nilai-nilai dalam praktek bisnis warga Tionghoa ini akan menunjukkan betapa nilai suatu kebudayaan bisa berperan dalam kehidupannya. Sangatlah unik jika budaya dan nilai-nilai tradisional etnis Tionghoa tersebut dapat menjadi fokus kajian dalam usaha pengembangan ekonomi Islam di Indonesia dengan pendekatan cultural agar tidak terkesan kaku. Hal ini ditujukan bukan semata membela tradisi, tetapi bagaimana keyakinan, tradisi dan kepercayaan masyarakat tetap bertumpu pada nilai-nilai universalitas Islam. Lebih jauh, langkah ini ditujukan untuk mensiasati terjadinya komunikasi, titik temu dan kontinuitas budaya Tionghoa dalam konteks yang terus berubah meskipun harus menghadapi seleksi yang disesuaikan dengan nilai-nilai universalitas Islam. Melalui kajian empiris dengan pendekatan fenomenologis, hasil penelitian ini yang sekaligus menjawab beberapa pokok permasalahan, antara lain: pertama, kearifan lokal seperti tradisi Imlek, perayaaan Cap Go Meh, Er Shi Wei Ren dan Sun Tzu Art of War sangat berpengaruh terhadap pembentukan karakter bisnis bagi pengusaha Tionghoa, seperti: sikap hemat, berpikir jauh ke depan, etos kerja yang tinggi, bertindak cepat, kejujuran, pelayanan yang baik dan perluasan jaringan atau relasi. Kedua, terlepas dari persoalan aqidah dan ibadah, terdapat titik singgung antara konstruksi etika bisnis etnis dengan etika bisnis Islam terutama dalam hal etos kerja dan moral bisnis. Namun demikian terdapat perbedaan di antara keduanya jika bersinggungan pada hal orientasi, motivasi dan networking bisnis. Ketiga, dalam hal-hal khusus yang mampu dipertemukan, etika bisnis Islam dan Tionghoa sebenarnya mampu berselaras, bersinergi dan bermodifikasi (konvergensi). Hal ini ditujukan sebagai strategi baru untuk mengembangkan ekonomi Islam di Indonesia agar mampu menyentuh dunia bisnis Tionghoa khususnya dan semua kalangan pada umumnya sebagai bentuk rahmatan lil ‘alamin.
Â
Downloads
References
Baidhawy, Zakiyuddin. Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural. Jakarta: Erlangga, 2005.
Coppel, Charles A. Indonesia Chinesein Crisis. Oxford: Oxford University Press, 1983.
Coppel, Charles A. Tionghoa Indonesia Dalam Krisis. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1994.
Firdaus, Ushul Fiqh: Metode Mengkaji dan Memahami Hukum Islam secara Komprehensif, editor: Fauzi Fauzan. Jakarta: Zikrul Hakim, 2004.
Habib, Ahmad. Konflik antar Etnik di Pedesaan. Yogyakarta: LkiS, 2004
Hasan, Ali . Manajemen Bisnis Syari’ah. Yoyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Ki, Goh Pei. Origins of Chinese Festivals, Asal Mula Festival Cina. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 1997.
Lan, Nio Joe. Peradaban Tionghoa-Selayang Pandang. Jakarta: PT. Keng Po, 1961.
Mackey, J.A.C. “Peran Ekonomi dan Identitas Etnik Cina di Indonesia dan Muangthaiâ€, dalam Jennifer Cusman di Ang Gungwu: Perubahan Identitas Orang Cina di Asia Tenggara. Jakarta: Grafiti Press, 1976.
Rahman, Afzalur. Doktrin Ekonomi Islam, terj. Soerosos, Nastangin. Jakarta: Dana Bhakti Wakaf, 1995.
Taher, Tarmidzi. Masyarakat Cina, Ketahanan Nasional dan Integrasi Bangsa di Indonesia . Jakarta: PPIM, 1997.
Tatt, Ong Hean. Secrets of Ancient Chinese Art of Motivation. Flores: Lembaga Pembentukan Berlanjut Arnold Janssen, STT St. Paulus Ledalero, 2001.
Wibowo. Harga yang Harus Dibayar: Sketsa Pergulatan Etnis Cina di Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama dan Pusat Studi Cina, 2000.
Downloads


Published
Issue
Section
License
Based on a work at http://iaingawi.ac.id/ejournal/index.php/AlMabsut/.Â