PENGUATAN KAPASITAS UMKM BATIK DESA SUKOWIDI MAGETAN MELALUI PENDAMPINGAN PEMASARAN DIGITAL UNTUK BRANDING DAN PROMOSI

Authors

  • Alfi Wahyu Zahara Institut Agama Islam Ngawi
  • M Ali Imron Abdul Aziz Institut Agama Islam Ngawi
  • Ralintang Pebruari K.A Institut Agama Islam Ngawi
  • Anisa Dwi Rahmawati
  • Rico Riyansyah Institut Agama Islam Ngawi
  • Inziana Zahroini Institut Agama Islam Ngawi
  • Rosyta Shofiyatun Institut Agama Islam Ngawi
  • Nadila Meylina Institut Agama Islam Ngawi
  • Sri Wahyuningsih Institut Agama Islam Ngawi
  • Abdussalam Abdussalam Institut Agama Islam Ngawi
  • Riyan Adi Prayogo Institut Agama Islam Ngawi
  • Akbar Riadus Shabirin Institut Agama Islam Ngawi
  • Akbar Riadus Shabirin Institut Agama Islam Ngawi
  • Yolin Inka Apriliana Institut Agama Islam Ngawi
  • Dwi Lailatus Sa’adah Institut Agama Islam Ngawi

DOI:

https://doi.org/10.56997/abdiandaya.v3i2.2444

Keywords:

Community empowerment, MSMEs, digital marketing, local batik

Abstract

Empowering Batik MSMEs in Sukowidi Village aims to enhance the marketing of the village’s traditional batik through digital marketing strategies. Despite its great potential, Sukowidi batik faces several marketing challenges, as its promotion still relies on WhatsApp Business and limited exhibitions. This study employs the Contextual Action Research method to identify effective approaches for improving batik marketing. The findings indicate that developing a website and utilizing Instagram advertisements can significantly expand marketing reach and raise public awareness of batik. It is expected that this program will help increase sales while promoting the cultural heritage of Sukowidi batik in the digital world.

Kowords : Community empowerment, MSMEs, digital marketing, local batik

 

Abstrak :

Penguatan Kapasitas UMKM Batik di Desa Sukowidi bertujuan untuk meningkatkan pemasaran batik khas desa melalui strategi pemasaran digital. Meskipun memiliki potensi yang besar, batik Desa Sukowidi menghadapi beberapa hambatan dalam pemasaran, yang saat ini masih bergantung pada WhatsApp Business dan pameran yang terbatas. Penelitian ini menggunakan metode Contextual Action Research untuk mengidentifikasi cara-cara efektif dalam meningkatkan pemasaran batik. Hasil temuan menunjukkan bahwa pembuatan website dan penggunaan Instagram ads dapat secara signifikan meningkatkan jangkauan pemasaran dan pengenalan batik kepada masyarakat luas. Diharapkan, pengabdian ini dapat membantu meningkatkan penjualan serta memperkenalkan budaya batik Desa Sukowidi dalam dunia digital.

Kata kunci: pemberdayaan masyarakat, UMKM, digital marketing, batik lokal

Downloads

Abstract View: 23,

Published

2025-08-21