OPTIMALISASI POTENSI DESA DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN DESA NGUMPUL MELALUI PEMASARAN KERUPUK LEMPIT

Authors

  • reny widya Institut Agama Islam Ngawi
  • M. Luthfi Afif Al Azhari Institut Agama Islam Ngawi
  • Ahmad Khairudin Ashrofi Institut Agama Islam Ngawi
  • Ayuni Puspita Yadi Institut Agama Islam Ngawi
  • Berliana Putri Novalinda Institut Agama Islam Ngawi
  • Dina Nur Ramadhani Institut Agama Islam Ngawi
  • Heri Rohmadi Institut Agama Islam Ngawi
  • Istianah Istianah Institut Agama Islam Ngawi
  • Lia Fitri Handayani Institut Agama Islam Ngawi
  • Muhammad Ridwan Institut Agama Islam Ngawi
  • Reny Widya Wijayanti Institut Agama Islam Ngawi
  • Safira Zulvia Natasya Institut Agama Islam Ngawi
  • Siska Santi Mulyanti Institut Agama Islam Ngawi
  • Sunardi Sunardi Institut Agama Islam Ngawi
  • Wida Dwi Astuti Institut Agama Islam Ngawi

DOI:

https://doi.org/10.56997/abdiandaya.v2i1.1029

Keywords:

UMKM, Kerupuk Lempit, Marketing, Packaging

Abstract

Community Empowerment Practicum (PPM) IAI Ngawi conducted research on
Small and Medium Enterprises (UMKM) Kerupuk Lempit in Ngumpul Village, West
District, Magetan Regency aims to develop a strategy to increase sales and business
development to increase in the future. This PPM activity is carried out using descriptive
methods accompanied by information on internal and external factors on competitive
advantages in the form of raw materials, cash books, machinery and tools, work methods
/ technology, packaging, promotion and marketing. Production activities are carried out
relatively simple in terms of marketing. Products are packaged using plastic packaging,
Halal Certification and have not used a sales logo. During PPM activities, we provide
counseling and business assistance. Hopefully, this activity can provide benefits for
partners in developing their business.
Keywords: UMKM, Kerupuk Lempit, Marketing, Packaging


Abstrak: Mahasiswa PPM IAI Ngawi melakukan eksplorasi terhadap UMKM Kerupuk
Lempit di Desa Ngumpul, Kecamatan Barat, Kabupaten Magetan dengan maksud
merancang strategi peningkatan penjualan serta perkembangan usaha kedepannya.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan
mempertimbangkan faktor internal dan eksternal yang memengaruhi keunggulan
kompetitif, seperti sumber daya bahan baku, administrasi keuangan, peralatan, teknologi
produksi, kemasan, promosi, dan pemasaran. Meskipun proses produksinya sederhana,
tetapi pemasaran produk perlu ditingkatkan. Produk dijual dalam kemasan plastik tanpa
sertifikasi halal dan identitas logo penjualan. Selama kegiatan, mahasiswa PPM
memberikan edukasi dan pendampingan kepada para pelaku usaha, dengan harapan
dapat memberikan manfaat dalam pengembangan bisnis mitra mereka.
Kata Kunci: UMKM, Kerupuk Lempit, Pemasaran, Kemasan

Downloads

Abstract View: 98,

Published

2024-02-28