PENDAMPINGAN PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN BAGI USIA LANJUT MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING DI DESA MANJUNG KECAMATAN BARAT KABUPATEN MAGETAN

Authors

  • Afif Al Farobi Institut Agama Islam Ngawi
  • Hafiar Saputri IAINGAWI
  • Anisa Oktafiana Institut Agama Islam Ngawi
  • Apriliana Nadia Rahmawati Institut Agama Islam Ngawi
  • Apriliya Nawangwulan Institut Agama Islam Ngawi
  • Aris Setiawan Institut Agama Islam Ngawi
  • Dimas Lutfiana Ardiansyah Institut Agama Islam Ngawi
  • Dwi Hidayatin Institut Agama Islam Ngawi
  • Gagas Puji Lestari Institut Agama Islam Ngawi
  • Akbar Haqul Yaqin Institut Agama Islam Ngawi
  • Ike Mayta Sari Institut Agama Islam Ngawi
  • Mu’awanatul Muniroh Institut Agama Islam Ngawi
  • Suprapto Suprapto Institut Agama Islam Ngawi
  • Tiyan Reky Krisdayanto Institut Agama Islam Ngawi
  • Tonika Apriliawati Institut Agama Islam Ngawi

DOI:

https://doi.org/10.56997/abdiandaya.v2i1.1023

Keywords:

Learning assistance, Elderly, Problem Solving

Abstract

Learning implies any activity designed to help someone learn a new skill and value. Religious education is an important education for every individual. Religious education is needed by every individual at various ages, from children, youth, parents to the elderly. This is because religious knowledge must be practiced in daily life, starting from the aspects of faith, morals and also wordship. The Purpose of this research is to find out how Al-Qur’an education is at an advanced age and how researchers overcome obastacles to Al-qur`an education at an advanced age. Adult learning patterns in education have complex problems in terms of time and age. Researchers accompany the process of learning to read the Koran for elderly mothers based on the result of observations made by researchers in the mentoring process, recearchers use the problem solving approach method. The expectations of the researchers, wich initially th elderly mother had various of obstacles in the process of learning to read the Koran which became easier after using the approach problem solving carried out by educators.

 

Abstrak:

Pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang dirancang untuk membantu seseorang dalam mempelajari suatu kemampuan dan nilai baru. Pendidikan agama merupakan suatu pendidikan yang sangat penting bagi setiap individu. Pendidikan agama sangat dibutuhkan oleh masing-masing individu, mulai dari anak-anak, remaja, orangtua hingga lansia. Perihal tersebut dikarenakan ilmu agama harus dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari ranah akidah, akhlak dan ibadah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pendidikan Al-Qur’an pada usia lanjut serta bagaimana peneliti mengatasi berbagai macam hambatan yang terjadi dalam proses pendidikan Al-Qur’an pada usia lanjut. Pola belajar orang dewasa dalam pendidikan tersebut memiliki berbagai macam problem yang kompleks dari segi waktu dan usia. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti pada proses pendampingan tersebut peneliti menggunakan metode pendekatan problem solving. Secara keseluruhan pendampingan peningkatan membaca Al-Qur’an ibu-ibu pada usia lanjut ini berjalan sesuai dengan harapan dari peneliti, yang mana semula ibu-ibu usia lanjut memiliki berbagai macam kendala dalam proses belajar membaca Al-Qur’an menjadi lebih mudah setelah menggunakan pendekatan problem solving yang dilakukan oleh pendidik.

Kata Kunci: Pendampingan Pembelajaran, Usia Lanjut, Problem Solving

Downloads

Abstract View: 52,

Published

2024-02-28