PENDAMPINGAN TPA BAITUL RAHMAH RW1/RT4 DESA BANJAREJO KECAMATAN BARAT KABUPATEN MAGETAN
DOI:
https://doi.org/10.56997/abdiandaya.v1i2.1017Keywords:
Pendampingan, TPA, Metode iqro’Abstract
Ilmu Agama yang diajarkan kepada anak usia 4-12 tahun pada suatu Lembaga
Pendidikan non formal merupakan Lembaga yang dinamakan Taman Pendidikan Al
Qur’an, dengan tujuan agar santri bisa dididik mengenal huruf hijaiyah serta dengan
baik dan benar dalam membaca Al-Quran sesuai dengan ilmu tajwid an pengucapannya.
Pengabdian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui peningkatan ketrampilan membaca AlQur’an
anak didik di desa banjarejo melalui peran adanya Taman Pendidikan Al-Qur’an. (2) untuk peningkatan minat anak didikdalambelajarmembacaAl-Qur’andengan baik dan benar. (3) mempermudah pemahaman dan hafalan denganmenggunakanmetode baca iqro’. Pengabdian masyarakat ini menggunakan metode ABCD (Asset Based Community-driven Development). Pengabdian Masyarakat ini menujukkan bahwa dalam membaca Al-Qur’an pada awalnya belum sesuai dengan kaidah hukum bacaan, makharijul huruf dan tajwid, setelah adanya Pengabdian Masyarakat oleh mahasiswa IAI Ngawi melalui pendampingan untuk anak-anak menghasilkan bahwa anak- anak didik sudah mengetahui bacaan dengan benar serta membaca Al-Quran sesuai dengan kaidah hukum bacaan yang benar.
Downloads

