PELATIHAN BATIK WINGKO KENCANA DESA BOGOREJO (Sebuah Upaya Pelestarian Budaya, dan Peningkatan Produktifitas melalui Digital Marketing)
DOI:
https://doi.org/10.56997/abdiandaya.v1i2.1010Keywords:
Batik, Cultural Preservation, Productivity, Digital Marketing, Local ProductAbstract
Batik adalah salah satu budaya asliĀ Indonesia. Batik melekat kaitannya pada kultural budaya jawa, dengan seiring berkembangnya zaman, sekarang ini banyak daerah yang melestarikan batik sehingga timbul batik Nusantara. Begitu juga didaerah Magetan ada beberapa pengrajin batik salah satunya didesa Bogorejo. Batik Wingko Kencana merupakan batik kebanggaan yang menjadi ciri khas desa Bogorejo kecamatan Barat kabupaten Magetan. Namun, eksistensi batik Wingko ini terancam karena beberapa hal diantaranya adalah kurang minatnya masyarakat lokal untuk mengenal dan mempelajari batik ini sehingga regenerasi pengrajin batik perlu menjadi perhatian yang serius, kemudian pemasaran produk batik yang belum optimal karena kurangnya pemanfaatan teknologi informasi sebagi sarana untuk media marketing. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kuantitas pengrajin batik wingko sekaligus peningkatan kualitas pengembangan produksi dan marketing produksi batik di desa Bogorejo. Metode yang digunakan dalam pendampingan dan pelatihan ini adalah berkordinasi dengan stek holder setempat dan pengrajin batik untuk mengadakan pelatihan dan pendampingan pembuatan batik. Kemudian mengundang remaja dan masyarakat sekitar untuk ikut berpartisipasi dalam pelatihan pembuatan batik. Selanjutnya memberikan pelatihan digital marketing untuk mengenalkan batik lokal desa bogorejo ke masyarakat luas. Hasil dari pendampingan dan pelatihan pembuatan batik yaitu meningkatnya kesadaran dan kuantitas tenaga kerja dan produktifitas batik dan penguasaan skill digital marketing batik Wingko sebagai produk lokal di Desa Bogorejo.