UNDANGAN MENULIS

CALL FOR PAPERS 2017

AL-MABSUT
JURNAL ILMIAH IAI NGAWI

http://iaingawi.ac.id/ejournal/

Jurnal Ilmiah AL-MABSUT adalah Jurnal IAI NGAWI yang concern dalam bidang studi hukum Islam dan isu-isu kependidikan Islam secara umum. Jurnal AL-MABSUT diterbitkan oleh LP3M IAI NGAWI secara berkala 2 kali setahun (6 bulanan). Pada setiap edisi diterbitkan sesuai dengan tema tertentu yang telah disepakati dalam rapat redaksi antara pimpinan redaksi, sekretaris dan satu dewan redaksi. Selain menerima tulisan dalam bentuk makalah, kami juga menerima Resensi buku yang sesuai dengan tema pada setiap edisi, baik karya klasik maupun kontemporer.
Untuk itu kami mengundang para penulis untuk mengirimkan tulisannya guna dimuat dalam jurnal ini dengan ancangan deadline penerimaan artikel sebagai berikut;

Volume dan Nomor Tema Deadline
Vol. 11. No. 2, September 2017

  • Deadline pengiriman artikel 25 Agustus 2017

Karya ilmiah yang dipertimbangkan bisa dimuat adalah karya yang memenuhi persyaratan dan acuan sebagai berikut:

  1. Artikel adalah karya orisinal penulis dan belum pernah dipublikasikan dalam jurnal ilmiah ataupun buku.
  2. Jumlah halaman antara 13-25 untuk artikel dan 7-15 untuk book review, diketik dengan spasi 1,5 pada kertas ukuran A4 (21 cm x 29,7 cm) dengan font Times New Roman dan Time New Arabic (untuk kata-kata/bahasa Arab) dengan font 12, margin penulisan 4-4-3-3.
  3. Artikel harus menyertakan abstrak (1 halaman) berbahasa Indonesia dan menyertakan pula abstrak dalam bahasa asing (bahasa Inggris ATAU bahasa Arab). Makalah berbahasa Inggris menyertakan abstrak dalam bahasa Arab, sementara makalah berbahasa Arab menyertakan abstrtak dalam bahasa Inggris. Kata kunci (Keywords) abstrak terdiri dari tiga (3) kata kunci .
  4. Setiap bahasa asing dan bahasa daerah, selain nama orang dan tempat, serta yang belum terserap dan terbukukan dalam Bahasa Indonesia ditulis dengan cetak miring (Italic); khusus kata Arab ditulis Italic dengan font Time New Roman dan mengikuti pedoman transliterasi.
  5. Tulisan diserahkan dalam bentuk file document (Soft copy) yang disimpan dengan format RTF (Rich Text Format), dan disertai nama penulis, asal lembaga (jika dari luar IAI NGAWI), alamat email, serta No. Tlp./HP.
  6. Teknik penulisan catatan kaki menggunakan foot note, sebagai berikut:
  • Buku:

Ahmad Taufiq, Sejarah Pemikiran dan Tokoh Modernisme Islam, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005), 34.
(Ibid., 40).

  • Artikel:
  • a.) Darwin Harsono, “Format Pengembangan Pendidikan Tinggi Hukum Berwawasan Syari’ah, Suara Muhammadiyah, No. 9, Th. Ke-87 (Mei, 2002), 41.
  • b.) H. Tjaswadi, “Sekali lagi tentang Amandemen UUD 1945,“ Kadaulatan Rakyat, No. 227, Th. LVII (Selasa, 21 Mei 2002), 8.
  • Buku Terjemahan: C. Snouck Hurgronje, terj. S. Gunawan, 1983: 34).
  • Kitab Suci:QS. al-Baqarah: 12.
  1. Bila mengutip ulang referensi yang sama secara berurut, maka penulis cukup menulis dengan Ibid. Jika berbeda halamannya, cukup tambahkan nomor halamannya: Ibid., 14.
  2. Penulisan daftar pustaka dilakukan dengan membalik suku kata terakhir nama penulis, judul buku, kota, penerbit, dan tahun, kemudian mengurutkannya secara alfabetis, seperti contoh berikut:

-    Madjid, Nurcholish. Islam Doktrin dan Peradaban, Cet. 2. Jakarta: Yayasan Wakaf Paramadina, 2004.

- Siregar, A. Rivay. Tasawuf dari Sufisme Klasik ke Neo-Sufisme. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 200.

  1. Penulis dapat submit artikel ke website jurnal Al Mabsut, ejournal.iaingawi.ac.id, masuk melalui Register kemudian isi form identitas diri penulis dan submit artikel. atau mengirimkan file artikelnya dalam soft file ke bagian Tim Redaksi Jurnal Al-Mabsut STAI Ngawi atau dikirim langsung via email ke: nihayaturrohmah@yahoo.co.id atau jurnalalmabsut@gmail.com dengan mencantumkan nama penulis, alamat email, serta No. Tlp./HP.
  2. Setiap artikel akan diseleksi dan dinilai oleh Dewan Redaksi dengan melibatkan pakar terkait di bidangnya, dan kemudian penulis akan mendapatkan informasi tentang status artikelnya: diterima, diterima dengan revisi, atau ditolak. Keputusan tim penyunting tidak dapat diganggu gugat.Artikel yang diterima akan dimuat pada laman Website Open Journal System (OJS) IAI NGAWI. Artikel dapat diakses oleh siapapun melalui situs http://ejournal.iaingawi.ac.id/
  3. Hal-hal lain dapat ditanyakan langsung kepada pengelola jurnal. Contact Person yang dapat dihubungi adalah: Nihayatur Rohmah (081556501613) dan Abdillah Halim (085286493237).


Salam, 

Pimpinan Redaksi


Nihayatur Rohmah