PEDOMAN PENULISAN

PEDOMAN PENULISAN JURNAL AL-MABSUT

Abstrak memuat uraian singkat mengenai masalah dan tujuan penelitian, metode yang digunakan, dan hasil penelitian. Tekanan penulisan abstrak terutama pada hasil penelitian. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Pengetikan abstrak dilakukan dengan spasi tunggal dengan margin yang lebih sempit dari margin kanan dan kiri teks utama. Kata kunci perlu dicantumkan untuk menggambarkan ranah masalah yang diteliti dan istilah-istilah pokok yang mendasari pelaksanaan penelitian. Kata-kata kunci dapat berupa kata tunggal atau gabungan kata. Jumlah kata-kata kunci 3-5 kata.  Kata-kata kunci ini diperlukan untuk komputerisasi. Pencarian judul penelitian dan abstraknya dipermudah dengan kata-kata kunci tersebut.

Abstrak (Times New Roman 10, Bold, spasi 1, spacing before 12 pt, after 2 pt)

Kata Kunci: isi, format, artikel.

  Al-Mabsut mengundang Anda untuk menulis artikel dengan beberapa ketentuan sebagai berikut:

1. Artikel yang diutamakan adalah kajian yang konsen pada ilmuilmu keislaman (aqidah, tasawuf, tafsir, hadis, ushul fiqih, fiqih, dan sebagainya) atau kajian politik, ekonomi, hukum, pendidikan, sejarah, kebudayaan, kesehatan, sains, teknologi, dan sebagainya yang dikaitkan dengan Islam baik dalam dimensi normatifnya, yakni sebagai doktrin dan ajaran, maupun dalam dimensi historisnya: kebudayaan muslim, masyarakat muslim, lembaga Islam, organisasi Islam, dan seterusnya.
2. Artikel diketik satu setengah spasi dengan ukuran kertas A4,

3. Panjang artikel berkisar antara 15 hingga 25 halaman.

4. Artikel harus menyertakan abstrak dan beberapa kata kunci

5. Referensi artikel ditulis dalam format catatan kaki dan daftar pustaka dengan mengacu pada style yang dianut oleh Al-Mabsut. Ketika referensi ditulis untuk pertama kali, informasi lengkap referensi harus tercantum: nama lengkap pengarang, judul lengkap referensi dalam bentuk cetak miring, tempat terbit, nama penerbit, tanggal/tahun terbit, dan nomor halaman yang dikutip. Untuk kutipan seterusnya dengan referensi yang sama, cantumkan nama akhir pengarang, dua atau tiga kata dari judul lengkap, dan nomor halaman yang dikutip. Ibid. barangkali masih bisa digunakan, namun tidak dengan op.cit. maupun loc.cit. Contoh: Pada catatatan kaki:

1. Mircea Eliade, ed., The Encyclopedia of Religion (New York:Simon and Schuster, 1995), 24.

2. Norman Daniel, Islam and the West (Oxford: One World Publications, 1991), 120.

3. Eliade, ed., The Encyclopedia, 28.