AL-QUR'AN DI ERA KEKINIAN: RELASI ANTARA TEKS DAN REALITAS (Tafsir Al-Qur'an Indonesia Menjawab Tantangan Zaman)

Nihayatur Rohmah

Sari


AL-QUR'AN DI ERA KEKINIAN: RELASI ANTARA TEKS DAN REALITAS

(Tafsir Al-Qur'an Indonesia Menjawab Tantangan Zaman)

Nihayatur Rohmah

Jurusan Syariah, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ngawi

Abstrak

Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam dengan kitab suci al-Qur’an sebagai pedoman hidupnya. Dengan demikian, seyogyanya ada upaya untuk menjadikan kitab suci ini agar lekat dan dekat di hati masyarakat muslim dan agar al-Qur’an ini tidak lagi menjadi kitab sakral yang tidak tersentuh sama sekali oleh umatnya. Tafsir al-Qur’an seharusnya berfungsi sebagai alat penggugah kesadaran manusia agar menjadikan al-Qur’an sebagai sumber hidayah. Dalam upaya mengembalikan al-Qur’an sebagai hudan li al-nass, mufassir kontemporer tidak lagi memahami kitab suci sebagai wahyu yang ”mati” seperti yang dipahami oleh ulama tradisional, melainkan sebagai sesuatu yang ”hidup”. Al-Qur’an dipahami sebagai kitab suci yang kemunculannya tidak bisa dilepaskan dari konteks kesejarahan umat manusia. Al-Qur’an tidak diwahyukan dalam ruang dan waktu yang hampa-budaya, melainkan hadir pada zaman dan ruang yang sarat budaya.

Kata-kata kunci: Tafsir, teks,  konteks


Kata Kunci


Kata-kata kunci: Tafsir, teks, konteks

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Abdullah, M. Amin. Arah baru metode Penelitian Tafsir di Indonesia”, Kata Pengantar untuk Islah Gusmian, Khazanah Tafsir Indonesia: Dari Hermeneutika hingga Ideologi. Jakarta: Teraju, 2003.

Abu Zaid, Nashr Hamid. Hermeneutika Inklusif :Mengatasi Problematika Bacaan dan Cara–cara Pentakwilan atas Diskursus Keagamaan, terj. Muhammad Mansur & Khoiron Nahdliyin, Jakarta: ICIP, 2004.

Al-Baqi, Muhammad Fuad. al-Mu’jam al-Mufahras li al-Fadz al-Qur’an al-Karim. Mesir: Dar al-Sya’ab, 1945.

Arkoun, Muhammed. Kajian Kontemporer al-Qur’an, terj. Hidayatullah. Bandung: Pustaka, 1988.

El Fadl, Khaleed Abou. Atas Nama Tuhan, Dari Fikih Otoriter ke Fikih Otoritatif, terj. R. Cecep Lukman Yasin. Jakarta: Serambi, 2004.

Fanani, Muhyar. Membumikan Hukum Langit: Nasionalisasi Hukum Islam dan Islamisasi Hukum Nasional Pasca Reformasi. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2008.

Izzan, Ahmad. Metodologi Ilmu Tafsir. ttp: Tafakur, tt.

Junaidi, Akhmad Arif. “Tafsir al-Qur’an al-Azim: Interteks dan Ortodoksi dalam Penafsiran Raden Pengulu Tafsir ANom V”, Disertasi IAIN Walisongo Semarang, 2012

Khaldun, Rendra. ”Hermenutika Khaleed Abou el Fadl: Sebuah Upaya untuk Menemukan Makna Petunjuk Kehendak Tuhan dalam Teks Agama”, Jurnal Edu Islamika, vol. 3, No.1, 2012.

Rodiah. Studi Al-Qur’an: Metode dan Konsep, Metode Tafsir Kontemporer Fazlur Rahman. Yogyakarta: elSAQ Press, 2010.

Saleh, Fauzan. Teologi Pembaharuan: Pergeseran Wacana Islam Sunny di Indonesia Abad XX, Jakarta: Serambi, 2004.

Setiawan, M. Nur Kholis. al-Qur’an Kitab Sastra Terbesar, Yogyakarta: eLSAQ Press, 2005.

___________, Tafsir Sebagai Resepsi al-Qur'an: Ke Arah Pemahaman Kitab Suci dalam Konteks Keindonesiaan, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, tt.

Shihab, M. Quraish. Membumikan al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, Bandung: Mizan, 1994.

Sumaryono, E. Hermeneutika: Sebuah Metode Filsafat, Yogyakarta: Kanisius, 1999.

Taufiq, Imam. Paradigma Tafsir Sufi: Pemikiran Hasan Basri dalam Tafsir al-Hasan al-Basri. Semarang: IAIN Walisongo Semarang, 2012.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




##submission.license.cc.by4.footer##

     

_________________

Jl. Ir. Soekarno No. 99 Ring Road Barat Ngawi
www.iaingawi.ac.id
E-Mail: jurnalalmabsut@gmail.com

Map Coordinate: Lat -7.4222441, Long 111.4222954,795