MAQASID AL-SHARI‘AH SEBAGAI FILSAFAT HUKUM ISLAM (Pendekatan Sistemik versi Jasser Auda)

Mustaqim Mustaqim

Sari


Jasser Auda melihat bahwa ide tentang maqa>s}id senantiasa mengalami perubahan dan perkembangan, yang berdasarkan periodesasi waktu, dapat diklasifikasikan ke dalam empat periode: masa sahabat, masa imam mazhab, masa perkembangan teori maqa>s}id abad ke-5 sampai abad ke-8, dan masa kontemporer. Memposisikan Jasser Auda dalam wacana maqa>s}id sepanjang sejarah teori hukum Islam, tampak bahwa pandangannya tentang maqa>s}id tidak jauh berbeda dengan para ulama us}u>l sebelumnya. Karena Jasser Auda hanya melakukan penambahan dan pengembangan konsep yang pernah diajukan oleh pemikir sebelumnya. Adapun konsep yang betul-betul baru dari Jasser Auda adalah ketika dia menempatkan maqa>s}id al-shari>‘ah sebagai filsafat hukum Islam. Ini berarti bahwa maqa>s}id al-shari>‘ah ditempatkan sebagai disiplin independen dan bukan salah satu tema kajian us}u>l fiqh. Karenanya, maqa>s}id al-shari>‘ah harus difungsikan sebagai metodologi fundamental yang digunakan dalam cara kerja us}u>l fiqh

 



Kata Kunci


Kata-kata kunci: Maqasid al-shari‘ah, Hukum Islam, Teori sistem

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Abdullah, M. Amin. Islamic Studies di Perguruan Tinggi; Pendekatan Integratif-Interkonektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

al-Alwani, Taha Jabir. Metodologi Hukum Islam Kontemporer, terj. Yusdani. Yogyakarta: UII Press, 2001.

Asy’arie, Musa. Filsafat Islam; Sunnah Nabi dalam Berpikir. Yogyakarta: LESFI, 2001.

Auda, Jasser. Maqasid Syari’ah as Philosophy of Islamic Law. London: The International Institute of Islamic Thought, 2008.

__________, “Islam and Development” dalam www.jasserauda.net

__________, “The Prophetic Deliberation and It’s Implication on the Absolute”, dalam www.jasserauda.net.modules/php/.

Craine, Robert D. “Maqosidal-Sharī‘ah: A Strategy to Rehabilitate Religion in America”, dalam http://www.IIIT/maqasid .

al-Gazâly, Abû Hamîd. Musta╣fā min ‘ilm al-Usul. Baghdad: al-Mustanna, 1970.

Hallaq, Wael B. Sejarah dan Teori Hukum Islam, terj. E. Kusnadiningrat dan Abdul Haris bin Wahid. Jakarta: Raja Grafindo, 2000.

Harjono, Anwar. Hukum Islam Keluasan dan Keadilannya. Jakarta: Bulan Bintang, 1987.

Salahuddin. “Menuju Hukum Islam yang Inklusif-Humanistis: Analisis…” ULUMUNA, Volume 16 Nomor 1 (Juni) 2012.

Hornby, A. S. Oxford Advanced Learner’s Dictionary, 5th edition, New York: Oxford University Press, 1995.

Hosen, Ibrahim. “Fungsi dan Karakteristik Hukum Islam dalam Kehidupan Umat Islam’, dalam Dimensi Hukum Islam dalam Sistem Hukum Nasional. Jakarta: Gema Insani Press, 1996.

Jaya, Asafri. Konsep Maqosid Syari’ah Menurut As-Syathibi. Jakarta: Raja Grafindo, 1996.

al-Jawziyyah, Ibn Qoyyim. I‘lām al-Muwaqqi‘īn ‘an Rabb al-‘ālamīn. Beirut: Dār al-Fikr, 1977.

Kallâf, Abd Wahhâb. ‘Ilm Usul al-Fiqh. Mesir: Dār al-Qalām, 1978.

__________, “The Objective of Islamic Law”, dalam www.mohhashimkamali.net

Kamali, Mohammad Hashim. Prinsip dan Teori-teori Hukum Islam, terj. Noorhaidi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996.

Khuza’i, Rodliyah. Dialog Epistemologi Mohammad Iqbal dan Charles S. Peirce. Bandung: Refika Aditama, 2007.

Mahrus, Moh. “al-Maslahah Perspektif Imam Abu Hanifah: Karakteristik, Kehujjahan, dan Signifikansinya”, Istinbat, vol. 7/2, 2009.

Mas’ud, Muhammad Kalid. Filsafat Hukum Islam, terj. Ahsin Muhammad. Bandung: Pustaka, 1996.

Minhaji, Akhmad. “Reorientasi Kajian Ushul Fiqh”, al-Jami’ah, No.63/VI, 1999.

Muhaimin. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

an-Na’im, Abdullahi Ahmed. Toward Islamic Reformation. New York: Syracuse University Press, 1996.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




##submission.license.cc.by4.footer##

     

_________________

Jl. Ir. Soekarno No. 99 Ring Road Barat Ngawi
www.iaingawi.ac.id
E-Mail: jurnalalmabsut@gmail.com

Map Coordinate: Lat -7.4222441, Long 111.4222954,795